Pariwara
Muna Barat

1.113 Warga Mubar Suspek TB

Data Penderita TB di Mubar Hingga Akhir 2017

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah penderita penyakit tuberkulosis (TB) di Muna Barat hingga akhir tahun 2017 lalu diidentifikasi sebanyak 99 orang. Yang sembuh pasca pengobatan, ada 37 orang dan drop out lima orang. Sementara suspek (gejala) TB sebanyak 1.113 orang dan sisanya masih dalam proses pengobatan selama enam bulan. Data tersebut dibeberkan Kadis Kesehatan Muna Barat (Mubar), Hidayat. Ia mengaku, pada tahun 2018 ini, ada tiga program utama nasional dibidang kesehatan yang dijalankan di daerahnya, yakni eliminasi TB, penurunan angka stunting (kurang gizi kronis) dan imunasi lengkap pada bayi serta anak.

“Khusus untuk TB, kenapa dijadikan darurat saat ini, karena Indonesia naik peringkat dari tiga menjadi dua di dunia. Sehingga ini dijadikan referensi untuk menurunkan angka TB dengan berbagai cara. Karena itu kita serius untuk mencari pasien TB,” ungkapnya, Senin (9/4).

Hidayat mengimbau seluruh masyarakat bila menemukan ada keluarga atau tetangga dengan gejala batuk terus menerus, berat badan menurun dan nafsu makan kurang, maka harus segera melapor ke pelayanan kesehatan terdekat agar petugas proaktif mendatangi rumah pasien. “Untuk menghindari penyakit TB, maka masyarakat diharapkan mengatur pola hidup. Hindari merokok dan minuman beralkohol serta dalam menambah asupan gizi,” tandas Hidayat. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top