Pariwara
Konawe Selatan

Perusda Harus Kembangkan Investasi di Konsel

RUPS : Suasana RUPS tahun buku 2017 yang digelar Perusda Konsel dan dihadiri langsung Bupati, H. Surunuddin Dangga (kedua dari kanan). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan Daerah (Perusda) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) baru saja menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS), dipimpin langsung Bupati, H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya, Arsalim Arifin. Dalam agenda tersebut, membahas laporan pertanggungjawaban hasil kinerja tahun buku 2017 sekaligus penyampaian rencana program kerja 2018.

Dikesempatan ini, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menyampaikan, secara umum menerima laporan keuangan dan pertanggungjawaban pihak direksi. Meski demikian, sebagai pimpinan daerah, ia memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ada sembilan poin yang dititikberatkan pada perusahaaan plat merah itu.

“Pertama piutang yang tidak tertagih tetap dilakukan dengan berkoordinasi dengan TPTGR. Kedua, penyempurnaan pedoman pelaksanaan anggaran Perusda dan peningkatan SOP para pegawai serta meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan dan training,” ungkap Bupati Konsel, akhir pekan lalu. Mantan legislator Provinsi Sultra ini juga menyebut, aset tetap dan persediaan yang hilang serta rusak harus dihapus sesuai mekanisme. Kemudian juga Perusda diminta harus menyetor dividen ke Pemkab Konsel untuk tahun buku 2017 sebesar 55 persen atau Rp 740.823.523 dan diberikan jasa produksi sebesar 12 persen dari laba bersih setelah pajak atau Rp 183.675.253.

“Aset tetap yang digelapkan harus dimasukkan dalam laporan keuangan dan akan diupayakan pengembalian. Keenam, piutang usaha yang umurnya di atas dua tahun dilakukan pencadangan penghapusan. Ketujuh, Perusda wajib membentuk kewajiban imbalan kerja. Juga segera memulai membangun gedung kantor permanen tahun 2018 sehingga tidak sewa gedung terus-menerus. Yang terakhir, diharapkan Perusda melakukan upaya kerja sama untuk membangun hotel di Andoolo. Agar setiap pertemuan tidak diadakan di Kendari sehingga terjadi perputaran ekonomi yang tinggi di wilayah kita. Ini juga dalam rangka pengembangan investasi Perusda,” pintanya.

Perusda harus pandai melihat potensi bisnis yang bisa menghasilkan dan bermanfaat bagi masyarakat. “Apalagi saat ini, konotasi Perusda, negatif di masyarakat akibat kasus sebelumnya. Ke depan target kita menjadikan Perusda jadi Perseroan Terbatas (PT) agar cakupan bisnisnya lebih luas. Jadi, karena tuntutan kerja dan pertanggungjawaban yang tinggi tentu dibutuhkan seorang manager keuangan yang handal. Akan kita usulkan penambahan Direktur Administrasi dan Keuangan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perusda Konsel, Arief Rachman, mengatakan, hasil pemeriksaan laporan keuangan Perusda oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) tahun buku 2017, keadaan administrasi serta pengendalian internal perusahaan secara umum cukup baik dengan meraih opini laporan keuangan wajar. Prestasi itu meningkat, karena tahun lalu masih berstatus wajar dengan pengecualian.

“Untuk kinerja keuangan, pendapatan usaha Perusda meraih Rp 4.355.244.423 tahun 2017. Tahun 2016 hanya Rp 2.937.546.864 dan memperoleh laba bersih setelah pajak untuk tahun 2017 sebesar Rp 1.346.951.860, naik dibanding tahun 2016 senilai Rp 1.303.468.686. Menyetor dividen ke Pemkab 55 persen dengan nilai Rp 740.823.523,32 dan cadangan umum 45 persen atau Rp 606.128.337. Kami akan kejar dan tingkatkan agar sesuai target Rp 1 miliar sesuai proyeksi Pemkab dan DPRD,” janji Arief dalam RUPS yang turut dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekab) H. Sjarif Sajang, M.Si, Kepala BPKAD, Hj. Marwiyah Tombili, serta Ketua Badan Pengawas Perusda, H. Sardjun Mokke. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top