Pariwara
Hukum & Kriminal

Dugaan Korupsi Dana Desa di Sampara, Penyidik Agendakan Pemeriksaan Tersangka

Kasat Reskrim Polres Konawe, Iptu Rachmat Zam Zam

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik telah menerima hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra perihal dugaan korupsi dana desa (DD) Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kerugian negara ditaksir mencapai Rp 262 juta dari praktik perpipaan fiktif yang digarap mantan Plt.Kepala Desa Andadowi, AT (47). Dalam waktu dekat penyidik bakal memeriksa tersangka.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Reskrim Iptu Rachmat Zam Zam mengungkapkan tim audit turun lapangan melakukan pemeriksaan secara langsung dan AT ditetapkan tersangka. Saat ini, penyidik telah memiliki hasil pemeriksaan saksi ahli dari BPKP, yang mengeluarkan pernyataan akan kerugian negara. Olehnya itu, mereka akan melakukan pemeriksaan tersangka, lalu berkasnya diserahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Konawe.

“Hasil audit sudah ada, dan tersangka sudah ditetapkan dan keterangan saksi ahli BPKP sudah lengkap. Sekarang tinggal pemeriksaan tersangka, lalu merampungkan berkas dan diserahkan ke JPU Kejari Konawe. Untuk waktunya belum dipastikan, tapi kami upayakan secepatnya dalam bulan ini,” ujar Iptu Rachmat Zam Zam saat dihubungi, Minggu (8/4/2018).

AT merupakan sekretaris desa (Sekdes) berstatus PNS yang diangkat menjadi pelaksana tugas (Plt) Kades, namun saat pencairan dana desa (DD) tahap I tahun 2017, diduga ia melakukan pengadaan fiktif pembuatan perpipaan air bersih, dan terbukti tidak dilaksanakan sama sekali.
Oknum Atas tindakannya, mantan Plt. Kades Andadowi itu disangkakan pasal 2 dan 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001, dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top