Pariwara
Sulawesi Tenggara

Dicairkan 3 Kali dalam 1 Tahun, Dana Desa Belum Ditransfer ke Kas Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Mekanisme penyaluran dana desa (DD) tahun 2018 berubah. Jika tahun sebelumnya dicairkan dua kali. Kini menjadi tiga kali satu. Dicairkan tiga kali dalam satu tahun, dari kas negara ke kas daerah lalu ke kas desa. “Untuk tahun ini dana desa itu dicairkan tiga tahap. Adapun dana desa tahap pertama sudah cair dan sudah masuk ke kas daerah dari kas negara. Tapi untuk ke kas desanya itu belum, masih diproses,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Negara Perwakilan Sultra, Ririn Kadariyah, kepada Kendari Pos.

Tujuan pencairan tiga tahap itu, agar desa-desa bisa lebih cepat memulai kegiatan yang sudah terprogram dalam APBDes. Tiga tahap pencairan itu yakni tahap I, periode Januari-minggu ketiga Juni, tahap II, Maret sampai Minggu keempat Juni dan tahap III periode Juli sampai Desember 2018.

Merujuk aturannya kata Ririn Kadariyah, seyogyanya dana desa sudah sampai ke rekening desa maksimal setelah tujuh hari ditransfer dari kas negara ke rekening daerah. Namun di Sultra belum satupun desa menerimanya. “Seharusnya maksimal tujuh hari setelah ditransfer ke Kasda itu sudah harus dilanjutkan ke desa. Kendalanya sedang kita pantau ke daerah, mungkin desanya belum menyelesaikan laporan dana desa tahun lalu atau APBDes belum tuntas,” ungkap Ririn Kadariyah.

Wanita berhijab itu menambahkan memang tidak ada finalti bagi Pemda yang terlambat mencairkan dana itu ke desa. Hanya saja, Ditjen Perbendaharaan Negara wajib menegur kepada daerah, sebab itu terkait serapan anggaran pemerintah secara keseluruhan. “Para bupati akan kita sampaikan. Kita harus ingatkan agar ini segera dituntaskan,” tukasnya. Soal berapa angka pasti yang ditransfer negera ke daerah khususnya dana desa pada tahap I itu, Ririn mengaku tak ingat. “Tapi total dana desa di tahun 2018 ini mencapai Rp 1.411.237.132, ” tutup Ririn Kadariyah. (ely/b)

Dana Desa tahun 2018 di Sultra :
-Jumlah total Rp 1.411.237.132.
-Jumlah itu untuk 15 kabupaten
-Minus Kota Kendari dan Baubau

Skema Penyaluran DD :
Pola Transfer 3×1, Dicairkan 3 Kali dalam 1 Tahun
Tahap I : Januari-minggu ketiga Juni
Tahap II : Maret sampai Minggu keempat Juni
Tahap III : Juli sampai Desember

Sumber : Kanwil DJPb Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top