Pariwara
Buton

Abu Hasan Janji Buranga Difungsikan

Abu Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Janji Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan, yang akan menjadikan Buranga sebagai pusat pelayanan masyarakat, segera direalisasikan. Mantan Karohumas Pemprov Sultra itu, telah mengutus 100 aparatur sipil negara (ASN) sebagai perwakilan tiap organisasi perangkat daerah untuk untuk berkantor di ibu kota yang terletak di Kecamatan Bonegunu itu, sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2007, pada Senin (9/4) hari ini.

“Pejabat yang berkantor di Buranga akan digilir setiap pekan. Mulai bupati, wakil bupati, Sekab dan para asisten. Pegawai akan memberikan pelayanan di kantor bupati, mereka membawa sendiri peralatan seperti meja, kursi dan komputer. Sebanyak seratusan pegawai negeri mulai berkantor pada hari Senin 9 April 2018,” ujar Abu Hasan saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Ketua KONI Butur itu menambahkan, jika hal tersebut merupakan janji politiknya sebelum terpilih menjadi kepala daerah. Untuk tahap awal, kata dia, ia akan menempatkan kurang lebih 100 ASN untuk memberikan pelayan publik. Satu organisasi perangkat daerah mengutus tiga pegawainya. Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Butur itu mengungkapkan, ASN yang berkantor di Buranga akan berlangsung selamanya. Makanya, tahun lalu dilakukan renovasi kantor bupati di Buranga.

Kendati memfusingkan Buranga sebagai ibu kota, perkantoran di Kulisusu tetap digunakan. Nantinya, ia bersama Wakilnya, Ramadio akan berbagi tugas memberikan pelayanan di dua tempat, yakni Kulisusu dan Buranga. “Secara bergantian berkantor di Buranga dan Kulisusu,” tuturnya. Abu Hasan menambahkan, pelayanan kepada masyarakat sebenarnya tak hanya terpusat di wilayah perkantoran. Tetapi juga, camat, lurah dan kepala desa harus proaktif mengambil peran mengentaskan berbagai masalah di daerah pelosok. “Anggaran yang turun di kecamatan itu kita tambah. Untuk mendukung mobilisasi camat. Jika dulunya Rp 250 juta, sekarang satu kecamatan hingga Rp 1 miliar,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top