Pariwara
Buton

Sosialisasi di Buton, Polda Sultra : Jangan Potong Sapi Betina Produktif !

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mendukung program pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri, pihak Polda Sultra mengandeng Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, bekerja sama dengan Dinas Pertanian Buton menggelar sosialisasi dan advokasi pengendalian pemotongan sapi betina produktif. Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Sultra, Kombespol Erfan Prasetya, mengatakan, populasi produktif saat ini semakin berkurang akibat banyak ternak betina produktif disembelih pada beberapa rumah pemotongan hewan (RPH) maupun tempat pemotongan hewan (TPH). Jika ini terjadi secara terus menerus, maka daerah akan mengalami kelangkaan pasokan daging.

“Melalui sosialisasi ini kita harap betina produktif bisa mengembangkan ternak lebih banyak lagi untuk meningkatkan dan menjaga kelangsungan persediaan daging di masyarakat,” ujar Erfan, Jumat (6/4/2018). Menurutnya, ternak betina produktif harus diselamatkan karena beberapa hal. Mulai dari melestarikan sapi lokal dan mendukung peningkatan produksi daging.

“Jika pemotongan betina produktif dicegah, berarti kita ikut berpartisipasi dalam melestarikan sapi lokal. Sehingga populasi ternak ini akan menjadi sumber bahan baku yang luar biasa bagi peningkatan usaha produksi daging yang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian kita dapat menurunkan ketergantungan pada impor,” paparnya.

Ia menegaskan, negara telah mengatur pelarangan pemotongan ternak betina produktif melalui undang-undang nomor 18 tahun 2009 juncto UU nomor 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan. Sanksi berat berupa pidana telah disiapkan bagi siapa saja yang melanggar aturan tersebut. Dia juga berharap agar seluruh elemen masyarakat berpartisipasi dalam menjalankan aturan pelarangan pemotongan ternak ruminansia besar betina produktif.

Di tempat yang sama, Kadis Pertanian Buton, Azizu, mengatakan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Bhabinkantibmas dan PKL untuk melakukan sosialisasi di masyarakat. “Jika program ini terlaksana sesuai apa yang kita harapkan, maka akan meningkatkan populasi hewan sehingga mengurangi impor daging dari negara lain,” tutupnya. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top