Pariwara
HEADLINE NEWS

Limbah PT. SSU di Bombana Cemari Sumber Air Masyarakat, Sungai jadi Merah, Laut Hitam Berminyak

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas PT Surya Saga Utama (PT. SSU) menuai sorotan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Pemkab Bombana. Perusahaan tambang nikel tersebut dinilai telah mencemari lingkungan, bahkan merusak ekosistem laut. Hal itu disebabkan proses pencucian kapal tongkang milik PT. SSU di wilayah laut sekitar lokasi operasi perusahaan asal Rusia tersebut. “Hampir seluruh biota laut rusak karena limbah dari pencucian kapal yang memuat batu bara milik PT. SSU. Pencemaran lingkungan ini tentu tidak bisa dibiarkan,” tegas Hj. Sitti Sapiah Rustam, Kepala Dinas DLH Bombana saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/4/2018)

Sitti Sapiah mengaku sudah mengunjungi lokasi pencemaran beberapa waktu lalu. Hal itu setelah dirinya mendapat pengaduan dari masyarakat soal aktivitas kapal mitra PT SSU tersebut. “Saya sudah lihat langsung kondisi lautnya. Memang sudah berwarna hitam dan berminyak. Setelah kami telusuri, limbah tersebut muncul akibat pencucian sisa batu bara dari dalam kapal tongkang PT. SSU,” jelasnya.

Kalau dibiarkan, lanjut dia, maka ekosistem laut yang ada di Kabupaten Bombana, khususnya di Kabaena akan rusak. Tidak hanya itu, dirinya juga telah mengunjungi sumber mata air yang menghidupi masyarakat Kabaena Utara yang rusak akibat aktivitas PT. SSU. “Saya melihat mata airnya sudah mulai tertutup akibat tertimbun material milik perusahaan. Dua kepala desa sudah melapor pada kami. Mereka adalah Kades Tedubara dan Mapila, Kecamatan Kabaena Utara,” terangnya.

Dari laporan dua Kades tersebut, dirinya dapat informasi juga kalau sungai tempat penghidupan masyarakat mulai tercemar. Seperti di Desa Tedubara, Mapila, Wumbulasa dan Desa Sangia Makmur. “Saat hujan, air sungai berubah menjadi merah, malah bisa sampai ke laut. Kami juga sudah temui pihak PT SSU. Mudah-mudahan ada tindaklanjut. Sebab kalau tidak, kita upayakan ada tindakan tegas. Kasihan masyarakat kalau dibiarkan,” katanya. (b/kom)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top