Pariwara
Bombana

DPRD Bombana : Kalau Merugikan, Hentikan Tambang PT SSU Secara Permanen

Ilustrasi Tambang Nikel

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota DPRD Bombana, Anwar, SH juga mulai geram dengan aktivitas perusahaan yang banyak merugikan masyarakat. Anggota DPRD fraksi Nasdem ini menilai hampir seluruh tambang yang ada di Bombana lebih banyak mudarat daripada manfaatnya. “Semua mengeluh masalah tambang. Contohnya seperti PT SSU, adanya kerusakan lingkungan itu harus menjadi perhatian khusus pemerintah. Karena sebelum beroperasi, sudah ada komitmen perusahaan untuk menjaga aktivitasnya supaya tidak merusak lingkungan,” terangnya, Jumat (6/4/2018).

Lanjut Anwar, kalau memang PT SSU tidak memenuhi tanggung jawabnya, maka lebih baik dihentikan sementara aktivitasnya. Bahkan, kalau perlu dilarang beroperasi secara permanen. “Pemkab Bombana punya hak merekomendasikan pemberhentian PT. SSU bila merugikan masyarakat,” tegasnya. Dia menambahkan, memang semua kebijakan sudah ditarik provinsi, tapi pemkab punya hak melakukan koordinasi. Sebab, masyarakat Bombana paling merasakan dampaknya. Apalagi sekarang sudah ada laporan dan ditinjau langsung DLHK. “Kalau sudah seperti itu, pemerintah jangan menutup mata,” harapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, secepatnya akan berkoordinasi dengan unsur pimpinan DPRD Bombana. Supaya dibicarakan dengan Pemkab Bombana terkait masalah itu. “Kami harap pencemaran lingkungan ini ditanggapi serius. Sebab bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kami minta DLHK berkoordinasi dengan DPRD untuk bersama-sama melalukan tindakan tegas atas aktivitas pencemaran lingkungan PT. SSU. Mereka harus bertanggung jawab,” imbuhnya. Sementara itu Dirut PT. SSU, Hari Sutarta belum bisa dikonfirmasi soal temuan DLHK Bombana tersebut. Beberapa kali dihubungi lewat nomor telepon seluler yang biasa digunakan, namun tidak ada jawaban. Sejak kasus ini mencuat, nomornya tidak bisa lagi dihubungi alias nonaktif. (b/kom)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top