Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Arrum Haji Pegadaian Diminati Masyarakat

Ilustrasi Pegadaian. Foto: Jawa Pos/JPNN

KENDARIPOS.CO.ID — Produk pembiayaan arrum haji yang diluncurkan PT Pegadaian (Persero) cukup diminati masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari animo warga yang datang ke Pegadaian Syariah Kendari peminatnya sudah mencapai 107 orang. “Untuk Arrum haji yang merupakan program baru di Pegadaian, nasabah kami sudah lumayan banyak. Saat ini sudah 107 orang di Pegadaian Syariah,” kata Pimpinan Cabang PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Kendari, Achmas Indrasafri Syaman SE, jumat (6/4).

Menurutnya, keinginan masyarakat Kota Kendari yang ingin menunaikan ibadah haji ke tanah suci sangat tinggi. Namun karena terkendala dana, sehingga niat tersebut masih sebatas mimpi. Menyikapi persoalan tersebut, kata Achmas, PT Pegadaian hadir memberi solusi. Bagi yang ingin menunaikan ibadah haji, bisa memanfaatkan program arrum yang dibuka oleh PT. Pegadaian. Sebab, sesuai motto-nya “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. “Pembiayaan Arrum Haji pada Pegadaian Syariah adalah layanan yang memberikan nasabah kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji,” sambungnya.

Achmas mengatakan, sesuai basic-nya, maka Arrum haji tidak lepas dari prinsip gadai. Karena itu pula, syarat yang diberlakukan, masyarakat yang ingin ikut program tersebut diwajibkan untuk menggadaikan emasnya seberat 15 hingga 20 gram.
“Basisnya mesti gadai, jadi simpanan penggadai itu dalam bentuk emas. Angsurannya sangat ringan, sekitar Rp.669.500 perbulan, kalau jangka waktu angsuran yang dipilih 60 bulan. Bisa juga kalau tak mau terlalu lama, cukup setahun. Programnya mudah,” jelasnya.

Dia menambahkan, masyarakat yang ingin memanfaatkan arrum haji, menggadaikan emasnya minimal seberat 15 gram. Jika ditaksir, nilainya Rp.7 juta. Dengan dasar gadai itu, PT.Pegadaian Syariah Cabang Kendari akan memberikan pinjaman sebesar Rp.25 juta untuk disetorkan ke bank penerima sebagai dasar untuk dapatkan porsi di Kanwil Agama. Intinya, lanjut dia, arrum haji untuk membantu masyarakat yang kesulitan daftar haji, dipermudah dengan program tersebut.

“Program gadai emas, setara 15 gram untuk dapatkan porsi haji. Jadi setoran awal penyelenggaraan ibadah haji sebesar Rp.25 juta, kami yang berikan. Kan kalau mau berangkat, yang mau daftar haji itu syaratnya harus serahkan tunai Rp.25 juta ke bank penerima tabungan haji. Setelah itu didaftarkan ke Depag, lalu keluar porsi dengan dasar setoral awal di bank tadi. Inilah yang kemudian dicicil di kami,” tandasnya. (Ind)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top