Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Smartphone Makin Keren, Penjualan Kamera Menurun

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran smartphone yang makin canggih membuat penjualan kamera menurun tajam. Director UFO Electronic Poedji Harixon mengatakan, secara keseluruhan, penjualan kamera di ritelnya mengalami penurunan hingga 50 persen sejak dua tahun terakhir. ”Penurunan ini dampak dari handphone masa kini yang telah memiliki kamera dengan kualitas yang bagus,” kata Poedji, Kamis (5/4).

Dia mengungkapkan, jenis kamera pocket dan kamera mirrorless mengalami penurunan paling banyak di pasar Jawa Timur. Poedji menjelaskan, segmen kamera mirrorless didominasi pelanggan milenial dan keluarga muda. Kisaran harganya mulai Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. Sementara itu, kamera pocket ditujukan untuk pelanggan yang ingin memiliki kamera dengan harga ekonomis.

Kondisi sebaliknya terjadi pada kategori kamera SLR. Kamera jenis itu sampai saat ini masih digandrungi masyarakat. Itu terlihat dari pertumbuhan penjualan kamera SLR di UFO Elektronik pada triwulan pertama yang naik sepuluh persen. Adapun kontribusi kamera SLR pada penjualan elektronik di UFO sebesar 70 persen. ”Angka ini lebih besar dibandingkan dengan kontribusi kamera pocket yang hanya sekitar 30 persen,” terang Poedji.

Menurut Poedji, penjualan kamera SLR naik karena memiliki segmen yang berbeda bila dibandingkan dengan kamera lain. ”Segmen kamera SLR ini menyasar ke profesional muda. Jadi, para profesional yang bekerja menggunakan kamera SLR pasti akan terus menggunakannya,” ujar Poedji.

Ketika momen liburan, Lebaran, atau awal masuk perguruan tinggi, penjualan kamera SLR bisa meningkat hingga 15 persen. ”Sebab, biasanya banyak mahasiswa baru yang mungkin ikut UKM fotografi. Jadi, lumayan mengangkat penjualan kamera. Hal itu juga sejalan dengan penjualan smartphone yang akan ikut naik,” kata Poedji. Saat ini kamera SLR yang diminati masyarakat adalah merek Sony, Samsung, dan Canon.
”Yang paling banyak masih tetap merek Canon. Sementara untuk kamera mirrorless cenderung didominasi merek Sony,” jelas Poedji. (car/c10/fal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top