Pariwara
Konawe Selatan

Perusda Konsel Dongrak PAD Konsel

Arief Rachman

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) memiliki dampak positif dalam peningkatan pendapatan ekonomi di daerah itu. Hal itu dibuktikan dengan sumbangsih pendapatan asli daerah (PAD) tiap tahunnya yang mencapai ratusan juta rupiah. Hal tersebut diungkapkan Direktur Perusda Konsel, Arief Rachman saat ditemui, Kamis (5/4).

“Bicara soal ekonomi Konsel, kami dari Perusda cukup berkontribusi. Alasannya, selama dua tahun ini, kami menghasilkan PAD sudah sekitar miliaran rupiah. Tahun 2016 lalu mencapai Rp 715 juta PAD untuk Konsel. Begitu juga ditahun 2017 lalu, nilainya relatif meningkat yakni Rp 750 jutaan ada. Sehingga tidak bisa dipungkiri, kemajuan ekonomi tak terlepas dari hadirnya Perusda,” klaimnya.

Disisi lain, dari segi pemberdayaan tenaga kerja dan usaha-usaha yang ada di Konsel, tak terlepas dari peran Perusda. “Dengan adanya perekrutan tenaga kerja baik di lapangan maupun administrasi, termasuk membangun kerja sama dengan perusahaan sehingga dapat menambah peluang bagi masyarakat Konsel untuk bekerja,” jelasnya.

Dikatakan, sumber pendapatan Perusda Konsel saat ini terdiri dari berbagai usaha. Mulai dari percetakan, pencucian mobil, hingga usaha transportasi. “Termasuk bekerja sama dengan pengelolaan jalan pelabuhan di PT Ifishdeco dan PT Sambas. Inilah sumber pendapatan kita. Bahkan tahun 2018 ini kami targetkan bisa mendapat PAD mencapai Rp 1 miliar dalam satu tahun,” optimisnya.

Selain itu, tahun ini pula pihaknya sedang menggagas pembenihan ikan di Kolono Timur. Hal ini disamping mendukung program pemerintah juga menciptakan sumber penghasilan bagi para nelayan atau kelompok budi daya perikanan. “Kami target bulan Mei sudah beroperasi. Jadi disamping mendukung program Pemkab dalam pengembangan 1.000 karamba di Teluk Kolono, juga dapat meningkatkan pendapatan daerah,” tandas Arief. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top