Pariwara
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Lirik Armada Baru Feri Tobaku-Siwa

ANGKUTANKUTAN LAUTLAUT : Armada kapal tua dan jembatan Pelabuhan Tobaku yang kerap macet membuat Pemkab Kolut mempertimbangkan hadirnya feri penyeberangan baru yang akan melayani rute menuju Siwa, Sulawesi Selatan. Foto: Muh. Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Angkutan penyeberangan laut lintas Teluk Bone dengan rute Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara (Kolut) menuju Siwa, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini tersedia dua unit. Kapal Muat Penumpang (KMP) New Camellia yang dikendalikan pihak swasta PT. Afta Trans Mandiri dan KMP Merak dibawah penanganan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut sudah beroperasi bulan lalu usai didocking lagi.

Dengan kondisi tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Djamil Mas’ud, mengaku, Pemkab punya keinginan menghadirkan armada feri baru. Terlebih ada tawaran dari pihak swasta ke pemerintah. Armada itu buatan Swedia yang permintaannya sudah mereka layangkan ke Pemda. “Sudah ditawarkan. Saya bilang kalau memang feri baru, pemerintah tentu siap,” ujarnya, Kamis (5/4).

Pasalnya, feri yang beroprasi melayani rute angkutan laut Tobaku-Siwa itu sudah cukup tua dan kerap harus mendapat perawatan. Sementara Pemkab Kolut sangat mengharapkan tumpangan yang bisa memberikan pelayanan maksimal di wilayahnya. “Itu sudah luar biasa tuanya. Feri lama semua. Jadi jangan salahkan kami jika ada yang menawarkan lantas diterima. Karena boleh jadi setelah dievaluasi, feri saat ini dianggap tak layak operasi lagi,” kata Djamil Mas’ud.

Jika itu terjadi, otomatis akan ada kekosongan pelayaran. Pemkab juga mengeluhkan sarana pendukung di pelabuhan tak optimal beroperasi, seperti jembatan penyeberangan yang kerap bermasalah. Saat ditanya, mengapa Pemkab tak berinisiatif membiayai perbaikan tersebut, Djamil berargumen, jika hal itu sudah diestimasi dan pemerintah tak mampu membiayai. Solusinya, pengelolaan perlu dipercayakan ke pihak lain. Pemkab mengaku tak mempersoalkan akan kehilangan omset PAD, asal pelayanan bisa berjalan dan berfungsi secara optimal. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top