Pariwara
Muna

Menunggak 4 Bulan, Listrik Dinas PU Muna Diputus

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Aliran listrik di kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muna sudah dua hari belakangan ini dipadamkan sementara. Aktivitas di instansi teknis itupun lumpuh. Tak ada yang bisa dikerjakan, semua perangkat komputer tidak berfungsi. Pemadaman listrik itu justru diakibatkan ulah pihak satuan kerja itu sendiri karena tak membayar tagihan.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Raha terpaksa memutus sementara sambungan listrik sebab Dinas PU sudah sejak empat bulan ini menunggak. Tindakan tegas itu diambil setelah surat peringatan sebelumnya tak diindahkan. “Tunggakannya empat bulan, sekitar Rp 13 juta,” terang Muljabar, Manager PLN Rayon Raha, Kamis (5/4).

Dinas PU sebenarnya sudah tiga kali menerima surat permintaan membayar tagihan listrik atau dikenal dengan istilah tool 601 terhitung sejak tanggal 21 pada setiap bulan berjalan. Hanya saja, entah dengan alasan apa sehingga tagihan tidak mendapat respon. “Terpaksa kami putuskan. Sekarang kalau mau aktif lagi, harus dilunasi dulu dan dilaporkan ke sistem agar bisa dinyalakan kembali,” tambahnya.

Muljabar mengingatkan pihak Dinas PU agar segera melunasi tagihan. Sebab sepengetahuannya, setiap instansi memiliki dana rutin yang salah satunya untuk belanja listrik. Dengan demikian, alasan tak melunasi kewajiban tidak dapat dibenarkan. “Kan uangnya dari APBD. Hanya memang berbagai alasan misalnya belum pencairan dan sebagainya,” urainya. Konsekuensi lebih fatal jika langkah pelunasan tidak ditindak lanjuti hingga 60 hari ke depan.

Kondisi itu bisa membuat PLN segera menerbitkan tool 603 atau perintah pembongkaran jaringan listrik di Dinas PU. “Kalau dibongkar, berarti harus pasang baru lagi nanti. Itu biayanya lebih besar,” sambungnya. Pihak Dinas PU sendiri enggan memberi tanggapan. Salah satu pejabat di instansi itu yang namanya tidak disebutkan justru meminta pemutusan sambungan tidak dipublikasikan. Dalam waktu dekat tagihan listrik akan segera diselesaikan. (c/ode)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top