Pariwara
Metro Kendari

LP3TKI Siap Jemput 10 Warga Sultra

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — 300 WNI yang dideportasi Pemerintah Malaysia, termasuk 11 warga Sulawesi Tenggara mestinya menjadi perhatian serius bagi warga Bumi Anoa ini agar tidak menempuh cara ilegal menjadi TKI. Mereka dipulangkan karena tidak memiliki dokumen resmi sebagai TKI. Saat ini 10 TKI asal Sultra masih ditampung di Asrama Dinas Sosial Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Kendari, Yohanis Anderias Selan membenarkan adanya 11 warga Sultra yang dipulangkan dari negeri jiran itu. LP3TKI bersama Pemprov Sultra sudah mengidentifikasi warga Sultra itu dan daerah asal. Hanya saja, sampai saat ini belum dipulangkan ke Sultra karena masih menunggu kesiapan personal TKI. Sebab, mereka mengaku masih ingin kembali ke Malaysia.

“Kita dapat informasi itu dari LP3TKI Kalimantan. Untuk memastikan mereka warga Sultra, maka kami ke sana bersama Asisten I Pemprov Sultra, Syarifudin Safaa dan ternyata benar mereka adalah warga Sultra. Ada dari Maligano, Wawotobi, Konawe Selatan. Khusus yang dari Mubar, La Asia itu bersedia pulang bersama kami dan diantar ke keluarganya di Muna Barat. Kami biayai semuanya,” ujar Kepala LP3TKI Kendari, Yohanis Anderias Selan, Kamis (5/4).

Jika para TKI itu memutuskan kembali ke Sultra maka LP3TKI Kendari akan memfasilitasi. Untuk menekan jumlah TKI ilegal lanjut Yohanis, LP3TKI akan bersosialisasi ke daerah-daerah yang warganya sering manjadi TKI. Misalnya Muna Barat, Konawe Selatan dan lainnya. Ia mengaku LP3TKI sulit mendeteksi TKI ilegal asal Sultra. Pasalnya calon TKI berangkat tanpa pengetahuan pihak berkompeten. “Biasanya TKI menempuh cara instan padahal risikonya besar. Kalau lewat jalur resmi justru lebih mudah,” pungkas Yohanis. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top