Pariwara
Kolaka Utara

Kelayakan Pemekaran 21 Desa di Kolut Dipertanyakan

H. Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Ada 43 desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) direkomendasikan untuk mekar. Namun, jumlah tersebut telah dipatok pihak legislatif melalui Komisi III DPRD, hanya 1 desa yang siap mekar tahun ini. Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, mengaku tak mengetahui 21 desa yang dimaksud anggota dewan tersebut. Seingatnya, jumlah usulan dari wilayah kecamatan ke Pemkab sebanyak 43 desa. “Itupun belum semuanya dikunjungi untuk pertemuan. Lalu bagaimana langsung ada 21 yang dipatok siap untuk dimekarkan,” tanyanya, kamis (5/4).

Abbas mengatakan, dalam evaluasi kelayakan, setidaknya harus mengacu pada undang-undang nomor 6 tahun 2014. Ada delapan prosedur yang menjadi fokus telaah. Tiga diantaranya karena memiliki potensi sumber daya alam, manusia dan ekonomi pendukung, batas wilayah yang dinyatakan dalam bentuk peta desa serta tersedianya dana operasional, penghasilan tetap, tunjangan dan lainnya bagi perangkat Pemdes. “Jadi banyak yang harus dipertimbangkan,” paparnya.

Pemkab juga belum bisa memastikan apakah tahun ini pemekaran dapat terwujud atau tidak, karena butuh proses yang panjang. Sebelum pihak legislatif meminta dikeluarkan Perda, Abbas mengaku, Bupati, Nur Rahman Umar juga menginginkan agar usulan tersebut harus menghasilkan kesepakatan bersama. “Ini agar tidak ada kesan sepihak. Entah itu dari Pemkab, legislatif maupun masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, perwakilan Komisi III DPRD Kolut, Kanna, sebelumnya mengemukakan jika tahun ini ada 21 desa siap dimekarkan. Padahal Pemkab belum bisa memastikan jumlah itu, termasuk penerbitan Perda sebelum dievaluasi bersama kelayakannya. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top