Pariwara
Konawe Utara

Empat Desa di Konut Jadi Kawasan Wisata

Yade Rianto

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pariwisata Konawe Utara (Konut) menetapkan empat desa menjadi sentra wisata. Keempat wilayah tersebut adalah Desa Taipa di Kecamatan Lembo, Desa Pudonggala Kecamatan Sawa, Desa Wawolesea di Kecamatan Wawolesea dan Desa Labengki di Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Kepala Dinas Pariwisata Konut, Yade Rianto, menuturkan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran pada empat desa wisata itu untuk pemenuhan fasilitas. “Master plan pengembangan pariwisata sudah ada. Tinggal fasilitasnya saja kita tambahkan, supaya para pengunjung merasakan kenyamanan dalam menikmati keindahan alam yang dimiliki Konut,” ujar mantan Sekdis Pariwisata Konut itu.

Di Desa Labengki misalnya, Dinas Pariwisata akan menyiapkan akses jalan yang menghubungkan antara spot satu dengan lainnya. Kemudian, pusat kuliner dan cinderamata juga menjadi bagian fasilitas yang akan dibangun oleh Dispar di lokasi desa wisata. “Pusat kuliner yang dimaksud bertujuan untuk memberikan suguhan bagi pengunjung. Sehingga mereka bisa menikmati makanan khas yang dimiliki setiap daerah wisata yang dikunjungi,” ujar Yade Rianto yang ditemui di Desa Labengki, kamis (5/4).

Dinas Pariwisata juga telah menyiapkan pusat informasi destinasi yang akan dikunjungi pelancong. Makanya, Dinas Pariwisata mengklaim kunjungan wisatawan di Konut terus mengalami peningkatan setiap tahun. “Mayoritas wisatawan berkunjung ke Labengki. Ada dari luar negeri, juga wisatawan domestik,” ujarnya. Dari catatan Dinas Pariwisata jika spot yang ada di Konut mencapai ratusan objek. Mulai wisata bahari, alam, gua, mangrove maupun air terjun. “Spot-spot wisata itu perlahan-lahan kita buatkan sarana dan prasarananya,” pungkas Yade Rianto. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top