Pariwara
Politik

Demokrat Belum Putuskan Gabung Jokowi

Ilustrasi Demokrat

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Agus Hermanto mengatakan partainya sampai saat ini belum memutuskan bergabung dengan petahana Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. “Saat ini Partai Demokrat masih terus berkoordinasi untuk menentukan apa yang harus dilaksanakan di dalam Pilpres,” kata Agus di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (5/4).

Agus menuturkan, saat ini masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi di PD maupun Pilpres 2019. Menurut dia, bisa saja PD menjadi bagian poros ketiga. Bahkan, kemungkinan bisa memperkuat satu di antara dua poros yang ada di Pilpres 2019.

“Segala kemungkinan bisa. Saat ini kami sedang berkoordinasi secara penuh untuk pada saatnya memberikan keputusan yang terbaik untuk memberikan kehidupan berbangsa dan berengara ini,” katanya.

Dia pun yakin partai-partai yang belum berkoalisi seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih terus melakukan finalisasi. Sebab, ujar Agus, saat ini semua masih dalam tahap koordonasi. “Kami yakini baik PAN, PKB, partai-partai yang belum resmi berkoalisi dengan salah satu partai politik itu tentunya masih belum 100 peren menempatkan posisinya,” katanya.

Sebelumnya Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang akrab dipanggil Romi beberapa hari lalu dirinya berkomunikasi dengan Ketum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Isu yang berkembang pertemuan ini akan memunculkan poros tengah pada Pilpres mendatang

“Sesuai pembicaraan langsung pada Pak SBY, beliau mengatakan tidak ada sama sekali komunikasi yang dilakukan dari Pak Zul atau Cak Imin pada Pak SBY ataupun komunikasi yang dilakukan Pak Gatot kepada Pak SBY,” kata Romi di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Karena itu, Romi menyimpulkan bahwa sementara ini poros ketiga belum pernah ada. Romi mengatakan, sebelum dipastikan layak atau tidaknya maju Pilpres 2019, Gatot Nurmantyo harus lebih dahulu mendapatkan kepastian soal partai politik yang akan mengusungnya. “Karena orang baru bisa dinilai layak atau tidak karena sudah dapat kendaraan. Kami hanya menilai kontestan itu kan yang ikut, bukan yang tidak ikut,” katanya.

Hari ini, dari 10 partai yang ada di parlemen, lima di antaranya sudah memberikan dukungan kepada Joko Widodo alias Jokowi. Sedangkan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sesuai pernyataan elite mereka akan berkoalisi. Artinya, tinggal tiga partai lagi yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang belum menyatakan sikap.

“Berarti feeling saya menyatakan tiga partai politik ini nantinya akan bergabung dengan salah satu (kubu) baik pada koalisi pemerintah yang hari ini ada atau pada Gerindra – PKS yang sudah membentuk koalisinya,” ungkap Romi. (boy/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top