Pariwara
Metro Kendari

BNPT Perangi Terorisme Lewat Film Pendek

PERANG : BNPT terus berkampanye memerangi terorisme dan radikalisme, khususnya kepada kaum muda. Salah satunya melalui pelatihan dan lomba film pendek. Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intan Gulung melepas balon menandai dimulainya kegiatan tersebut, Kamis (5/4). Foto: Muhammad Yusuf/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) punya cara kreatif mengampanyekan perang terhadap terorisme dan radikalisme. Salah satu dengan mengajak pelajar SMA sederajat dalam pelatihan dan lomba film atau video pendek bertema anti terorisme. Kegiatan yang dimulai 5 April kemarin dan berakhir besok itu dinilai efektif mencegah terorisme.

Pengurus Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sultra (FKPT) Sultra, Suhaena mengatakan pihaknya memandang penting pencegahan yang bersifat lunak. Tentunya dalam upaya mewaspadai berkembangnya radikalisme dan terorisme yang membajak kepercayaan tertentu dimasyarakat. FKPT meyakini pelatihan dan lomba video pendek pelajar SMA itu merupakan metode efektif untuk meningkatkan daya tangkal terorisme dan radikalisme dimasyarakat, khususnya generasi muda.

“Kegiatan ini sekaligus ikhtiar mengajar masyarakat untuk mewaspadai radikalisme sebagai bagian dari upaya pencegahan terorisme dalam merawat perdamaian dan kebhinekaan Indonesia. Artinya, membiasakan para pemuda untuk menyikapi perbedaan sebagai kekayaan bangsa,” ungkap Suhaena.

Kegiatan itu juga menjadi bekal pemuda untuk melawan gerakan radikalisme dan diharapkan mampu memberikan pemahaman akan pentingnya kreatifan lokal dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai wahana psiko-pedagogis untuk mengembangkan intelektualitas para siswa dan pemuda bangsa. “Kita menghadirkan 36 perwakilan sekolah di Sultra,”jelas Suhaena.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intan Gulung, menyampaikan pihaknya sudah membuktikan jika film atau video memiliki kekuatan untuk menghindarkan anak-anak muda dari bahaya terorisme. Dalam catatan BNPT, sedikitnya ada 1.200 video yang dihasilkan sejak tahun 2016. “Video itu semua diunggah di media sosial Youtube dan berhasil mengundang 22 juta pengunjung. ltu artinya kami berhasil menyebarkan pesan-pesan damai melalui video kepada puluhan juta penonton,” ujar Andi Intan Gulung. (myu/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top