Pariwara
Metro Kendari

20.933 Siswa SMA/MA Sultra Siap UNBK

PESERTA UNBK SMA/MA SE-SULTRA

KENDARIPOS.CO.ID — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK sudah berakhir kamis (5/4). Giliran siswa SMA dan MA se-Sultra akan mengikuti UNBK pada 9 hingga 12 April 2018. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra mencatat sekira 20.933 siswa SMA/MA di 15 kabupaten dan kota akan mengikuti UNBK, minus Kabupaten Butur dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Dikbud Sultra mengimbau agar satuan pendidikan yang berjumlah 175 sekolah yang menjadi pelaksana ujian online tersebut memantapkan sarana prasarananya. Kabid Pembinaan SMA Dikbud Sultra, Andi Nhana Asnawati Ahmad mengatakan 20.933 peserta UNBK tersebut terdiri dari sekolah negeri sebanyak 18.542 peserta dan swasta 2.391 siswa. Jumlah 20.933 peserta UNBK itu dari 129 SMA dan 46 MA baik negeri maupun swasta.

“Kami sudah menyampaikan agar sekolah yang menjadi pelaksana UNBK selalu memperhatikan hal teknis yang mendukung lancarnya pelaksanaan ujian. Utamanya, komputer, jaringan internet, teknisi dan beberapa aspek teknis lainnya,” ungkap Andi Nhana Asnawati Ahmad, Kamis (5/4).

Selain itu, Dikbud Sultra juga meminta sekolah agar meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan menjelang UNBK. Pasalnya, aset dan peralatan yang digunakan untuk ujian harus dijaga secara intensif. Kalau perlu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat. “Untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK di daerah, maka pelaksanaan UNBK SMA/MA dan SMK sengaja tidak dilaksanakan secara bersamaan. Sehingga SMA/MA dengan SMK bisa saling menunjang dan mendukung dengan cara pinjam pakai komputer yang tersedia,” jelas Andi Nhana.

Sekolah di Kabupaten Buton Utara dan Konawe Kepulauan belum dapat melaksanakan UNBK tahun ini karena jaringan internet yang belum bisa diakses lancar di dua kabupaten itu. “Padahal dua daerah ini juga memberi respons positif untuk melaksanakan UNBK,” ungkapnya Andi Nhana.

Untuk diketahui, ada empat mata pelajaran akan diujikan pada UNBK. Pada hari pertama, ujian Bahasa Indonesia, disusul hari kedua mata pelajaran matematika, hari ketiga bahasa inggris. Sementara hari terakhir mengikuti ujian satuan mata pelajaran jurusan yang diujikan. “Artinya, kalau peserta jurusan IPA, maka ia harus memilih salah satu dari mata pelajaran, Fisika, Kimia dan Biologi. Hal tersebut juga berlaku untuk jurusan IPS dan Bahasa,” kata Andi Nhana.

Bagi siswa yang berhalangan tidak mengikuti UNBK akibat sakit atau alasan lainnya maka disediakan jadwal khusus untuk ujian susulan, yakni 17 hingga 18 April 2018. Hanya saja, ketidakhadiran siswa mesti didukung alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. “Tapi kami berharap semua peserta dapat mengikuti jadwal ujian Senin (9/4) nanti,” harap Andi Nhana.

Adapun pelaksanaan UNBK SMK selama empat hari, berakhir kamis (5/4). Kepala Dinas Dikbud Sultra, Damsid mengakui ada sejumlah kendala yang terjadi, namun bisa diatasi. “Untuk SMK sudah selesai. Berjalan lancar, karena saya pantau terus bersama panitia. Dihari kedua, ada beberapa kabupaten yang bermasalah, Kolaka, Kolaka Timur, Bombana dan Muna. Masalahnya adalah jaringan dan listrik, tetapi bisa diatasi, termasuk juga di SMK 5 Kendari juga bermasalah tapi sama-sama bisa diatasi pada hari itu juga, sehingga saya simpulkan berjalan lancar semuanya,” ujar Damsid ditempat terpisah, kamis (5/4).

Sedangkan pelaksanaan UNBK untuk SMA, mantan Dekan Fisip itu memastikan sudah siap. Sekolah yang tercatat akan menggelar UNBK sudah melengkapi semua fasilitas yang diperlukan. “Semua kita persiapkan secara bertahap, setelah SMK, kini kita hadapi SMA lagi. Ada sekolah yang kita gabungkan, lalu dibuatkan sistem jaringan teknisi, lalu disimulasi untuk melihat sejauhmana persiapan kita dan akhirnya semua siap untuk hari Senin nanti,” pungkasnya. (myu/ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top