Pariwara
Konawe Utara

Perekaman KTP-el di Konut Diproyeksi Tuntas Mei

Data Warga Konut yayang Belum Merekam KTP-el

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut) telah melakukan rekapitulasi penetapan daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 40.695 orang. Angka tersebut tersebar pada 13 kecamatan. Dari jumlah itu, ternyata masih terdapat wajib pilih potensial non KTP-el. Yang teridentifikasi sebanyak 5.190 orang.

Menyikapi banyaknya warga Konut yang belum melakukan perekaman KTP-el membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus memaksimalkan perekaman sebelum pemilihan gubernur dan wakil gubernur tiba. “Diproyeksi, Mei nanti, perekaman KTP-el dituntaskan. Karena memang masih terdapat 5.190 yang belum melakukan perekaman. Makanya ini terus kami optimalkan,” ujar Kadisdukcapil Konut, Arif Yadi di kantornya, Rabu (4/3).

Mantan Kabaghumas Sandi dan Telematika Konut itu merinci, angka 5.190 yang belum melakukan perekaman KTP-el tersebar pada sejumlah kecamatan. Di Andowia sebanyak 189, Landawe 68, Langgikima 352, Lasolo 424, Lasolo Kepulauan 391, Lembo 400, Molawe 628, Motui 440, Oheo 264, Sawa 480, Wawolesea 294 dan Wiwirano 462 warga. “Yang paling banyak Kecamatan Asera sampai 705 orang,” rincinya.

Untuk menuntaskan percepatan perekaman, pihaknya telah menyusun agenda dengan menurunkan tim perekaman KTP-El secara mobile. Baik di sekolah maupun ke kecamatan. “Minggu depan kita sudah turun. Fokus utama di Kecamatan Asera, karena di situ masih banyak yang belum melakukan perekaman. Khususnya warga yang berusia 17 tahun atau sudah menikah,” ujar Arif Yadi.

Untuk membantu percepatan perekaman, Disdukcapil juga akan mengeluarkan surat yang ditujukan pada pemerintah desa dan kecamatan untuk lebih proaktif memberikan edukasi pada warga yang sama sekali belum melakukan perekaman. Tentunya dari 5.190 datanya akan dikeluarkan untuk mengidentifikasi warga yang belum memiliki identitas kewarganegaraan tersebut.

“Datanya kita akan keluarkan, kalau orangnya masih ada, langsung dilakukan perekaman. Kita upayakan bulan Mei telah tuntas,” tekad Arif Yadi. Hal sulit dalam melakukan perekaman KTP-el diakui jika warga bersangkutan belum sama sekali memiliki kartu keluarga. Sementara warga yang telah mengantongi KK dianggap lebih cepat teridentifikasi. “Makanya kita juga minta peran pemerintah desa dan kecamatan dalam menyukseskan perekaman ini,”pinta Arif Yadi. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top