Pariwara
Bau-bau

DPRD Baubau Prioritas Bahas 11 Perda

Kamil Adi Karim

KENDARIPOS.CO.ID — Mengemban amanah sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau, Kamil Adi Karim langsung disambut berbagai “pekerjaan rumah” yang belum tuntas. Salah satu yang paling urgen adalah terkait program pembentukan dan pencabutan 11 peraturan daerah (Perda) inisiatif dan usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau.

“Seluruhnya terbagi atas 10 Perda usulan Pemkot Baubau dan satu inisiatif DPRD. Ini akan segera diagendakan lalu dilakukan pembahasan dan prioritas untuk segera kita selesaikan,” kata Kamil Adi Karim saat ditemui, Rabu (4/4). Meski demikian, menurut politikus PAN itu, penuntasan pembahasan 11 Perda tersebut tak akan menghambat agenda rutin lain. “Misalnya rapat kerja berkaitan dengan kesehatan, pendidikan akan berjalan seperti biasa. Begitu pula jika ada isu yang berkembang di masyarakat. Semua akan kita beri perhatian untuk kita selesaikan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPRD Kota Baubau, Wa Radja, mengaku, pembahasan 11 Perda itu bukan untuk ditetapkan seluruhnya. Melainkan ada yang dicabut dan direvisi total. “Karena pada dasarnya semua sudah menjadi Perda, hanya saja ada kebijakan baru yang bertentangan, sehingga harus ada yang dihilangkan dan ada pula diperbaiki,” terangnya. Dari data yang adan, lima Perda akan dicabut. Seluruhnya adalah Perda usulan Pemkot karena telah diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Kemudian yang akan direvisi sebagian ada empat Perda, satu diantaranya inisiatif DPRD dan tiganya lagi usulan Pemkot. Sedangkan yang akan mengalami revisi total sebanyak dua Perda dan seluruhnya usulan Pemkot.

“Yang akan dicabut diantaranya adalah, Perda nomor 6 tahun 2011 tentang pajak air tanah dan Perda nomor 8 tahun 2011 tentang pajak mineral bukan logam dan batuan. Kemudian, yang akan direvisi sebagian diataranya adalah Perda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil. Sementara payung hukum yang akan direvisi total, diantaranya adalah Perda nomor 32 tahun 2012 tentang retribusi tempat rekreasi dan olah raga,” rinci Wa Radja. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top