Pariwara
Politik

Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPUD Buton Gencar Sosialisasi


Sosialisasi : Ketua KPUD Buton, Burhan (kedua dari kiri) bersama rekan komisioner berfoto bersama Sekcam Lasalimu Selatan, Jusmina La Anja usai menggelar sosialisasi dengan para tokoh agama. Foto : KPUD Buton For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang hari pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton kian gencar menggelar sosialisasi. Upaya ini tak lain guna meningkatkan partisipasi pemilih. Pasalnya, tingkat partisipasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Buton lalu masih dibawah ambang batas yang disyaratkan Bappenas yakni 77,50 persen. Pada pemilihan bupati (Pilbup) Buton, tingkat partisipasi pemilih hanya 70,32 persen.

Ketua KPUD Buton, Burhan mengatakan partisipasi pemilih menjadi salah satu indikator suksesnya penyelenggaraan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra. Makanya, penyelenggara masih terus melakukan sosialisasi di semua segmen masyarakat. Mulai dari tokoh agama, perempuan, kelompok marginal hingga kalangan pemilih pemula.

“Partisipasi pemilih Pilbup Buton lalu harus menjadi perhatian. Sebab tingkat partisipasi cukup minim. Makanya, menghadapi Pilgub Sultra ini kami intens turun ke masyarakat sebagaimana yang kita lakukan hari ini. Bersama tokoh-tokoh agama, kami meminta dukungan dan memberi pemahaman pentingnya berpastisipasi pada penyelenggaraan Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019,” kata Burhan dihubungi usai menggelar sosialisasi dengan tokoh agama kecamatan Lasalimu Selatan, Rabu (3/4/2018).

Sejauh ini kata dosen IAIN Kendari, KPU masih intens melakukan sosialisasi. Setelah ini, KPU telah menjadwalkan akan mengujungi 10 sekolah setingkat SMA. Segmen ini dikhususkan untuk pemilih pemula. Pasalnya, keberadaan pemilih pemula di Buton sekitar 10 persen. Yang menjadi perhatian, sebagian besar mereka masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

“Sebelumnya sudah ada 7 SMA yang kami kunjungi. Kami berharap upaya ini bisa mendongkrak partisipasi pemilih. Kami juga berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait pemilih non-KTP. Paling tidak pada pemilihan nanti, para pemilih pemula ini minimal sudah memiliki surat keterangan (Suket). Secara keseluruhan, jumlah DPS di Buton sebanyak 71.597 pemilih. Sebanyak 10 ribu diantaranya belum memiliki KTP,” jelasnya.

Selain segmen pemilih pemula lanjutnya, KPU masih akan melakukan sosialisasi di kelompak masyarakat marginal, tokoh pemuda, perempuan dan tokoh agama. “Setiap segmen, minimal sudah dua kali kami gelar sosialisasi. Untuk tokoh masyarakat hari ini (kemarin), menjadi moment kedua kalinya. Khusus di Lasalimu Selatan, dua tokoh agama yang diundang yakni Islam dan Hindu,” pungkasnya. (mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top