Pariwara
Konawe

Perpusda Konawe Usul Rp 300 Juta Adakan Buku

Ameruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memuaskan dahaga pengetahuan dalam mencerdaskan masyarakat, khususnya generasi muda tingkat pelajar dan mahasiswa, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Konawe masih butuh tambahan buku bacaan. Tahun ini, pihak instansi tersebut mengajukan usulan pengadaan buku dengan anggaran sebesar Rp 300 juta.

Kepala Dinas Perpusda Konawe, Ameruddin, mengungkapkan, anggaran itu sangat ideal untuk pengadaan ratusan buku, tidak kurang apalagi lebih. Nantinya, buku tak hanya disimpan di perpustakaan, namun sebagian disalurkan ke sekolah dan taman baca masyarakat yang terdaftar dalam data base perpustakaan daerah. “Banyak buku yang akan diadakan dan disebar ke perpustakaan sekolah atau taman baca,” ujarnya, Selasa (3/4).

Pihaknya akan mengadakan berbagai jenis buku, diantaranya tentang kearifan lokal Sultra, buku bacaan anak, buku akademik untuk pelajar SMA sederajat, bagi mahasiswa dan dosen. “Sekarang masih ada pelajar dan mahasiswa yang datang mencari buku, dan kalau lengkap, mereka pasti akan datang lagi lalu mengajak temannya. Makanya, kita berusaha melengkapi semua jenis buku,” tutur Ameruddin.

Hanya saja, kendala sampai saat ini pengadaan belum bisa dilaksanakan, sebab belum ada anggaran yang dicairkan. Pasalnya, serapan pendapatan asli daerah (PAD) untuk APBD tahun ini tergolong minim. Ditambah lagi, daerah yang dijuluki lumbung beras Sultra ini juga menyelenggarakan Pilkada dan Pemilu. “Kita sudah usulkan seperti itu, tapi belum ada pencairan sampai sekarang,” tandas mantan Kabaghumas dan Protokeler Setkab Konawe itu. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top