Pariwara
Politik

KPUD Buton Minta APK di Luar Zona Dilepas

Ketua KPUD Buton, Burhan (kanan) menyerahkan hasil penyusunan daftar pemilih sementara.

KENDARIPOS.CO.ID — Agar tidak terkesan amburadul, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton telah membagi lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK). Sayangnya, masih saja ada APK berupa baliho atau spanduk yang terpasang di luar zona. Padahal penyelenggara telah mengingatkan para tim pemenangan pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sultra untuk mentaati aturan pemasangan APK.

Ketua KPUD Buton, Burhan meminta APK paslon yang dipasang di luar ketentuan harus segera dilepas. Menurutnya, dalam pertemuan sebelumnya semua pihak sudah sepakat mematuhi aturan yang ada. Untuk itulah, ia berharap semua tim pemenangan menjaga komitmen tersebut.”Memang masih ada APK di luar ketentuan KPU yang masih terpasang. Itu yang kita koodinasikan dengan semua tim paslon, untuk dilepas,” ujar dosen IAIN Kendari ini saat dihubungi melalui telepon, Selasa (3/4/2018).

Sejauh ini kata dia, KPU belum menerima laporan resmi terkait pelanggaran pemasangan APK. Sebab domain KPU bukan pada penindakan. Kewenangan KPU hanya mengingatkan. Bila ada yang melanggar, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Buton yang akan langsung menangani. Namun demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Panwas terkait pemasangan APK ini.

“Dari hasil koordinasi dengan Panwas beberapa hari lalu, pelanggaran APK menyangkut pemasangan di luar zonasi dan pengrusakan baliho. Seluruh laporannya telah ditindaklanjuti. Mengenai pengrusakan baliho, hal ini dikarenakan dipasang di luar zona. Makanya, kami menghimbau agar masing-masing tim memahami aturannya,” jelas Burhan.

Pelanggaran masalah APK di Buton lanjutnya, sempat dikonsultasikan KPU RI oleh salah satu tim paslon. Hanya saja, mediasinya ditolak lantaran tidak dikoordinasikan dengan penyelenggara setempat. Selain itu, mekanisme pengaduannya dianggap salah alamat. “Saya kira masih ada teman-teman yang belum paham sepenuhnya aturan. Makanya, masih ada temuan mengenai pemasangan APK. Namun laporan yang masuk masih tergolong minim,” pungkasnya. (b/p1)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top