Pariwara
Nasional

KPU Larang Mantan Napi Korupsi Jadi Caleg

Arief Budiman

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh calon anggota legislatif baik di tingkat pusat maupun daerah bakal diminta melampirkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Menurut Ketua KPU Arief Budiman, syarat tersebut akan dicantumkan dalam Peraturan KPU tentang Pencalonan untuk Pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019.

“Kami sedang menyusun draftnya. Kami akan minta calon anggota DPR, DPRD provinsi kabupaten/kota dan DPD melampirkan LKHPN. Selama ini hanya di pilkada,” ujar Arief di Jakarta, Selasa (3/4). Syarat lain, kata mantan Komisioner KPU Jatim ini, penyelenggara juga akan meminta parpol tidak mengajukan mantan narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif.

Saat ditanya apakah syarat tersebut tidak melanggar Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu, Arief menyatakan hal tersebut merupakan sebuah usulan yang baik. “Nanti silakan publik menilai kalau misalnya itu bisa disepakati bersama (dengan DPR, red) ya kami gunakan. Kalau misalnya ada yang tidak bersepakat ya kami uji, benar apa enggak usulan seperti itu,” pungkas Arief.(gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top