Pariwara
Metro Kendari

Distransnaker Bersama LKS Tripartit Bahas Masalah Ketenagakerjaan di Sultra

TRIPARTIR : Kepala Distransnaker Sultra, Saemu Alwi (5 dari kanan) berpose bersama anggota LKS Tripartit dalam rapat perdana yang digelar, Selasa (3/4). Rapat LKS Tripartit itu membahas persoalan tenaga kerja di Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Sultra bersama Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit membahas persoalan tenaga kerja di Sultra. Sebagian besar pokok pikiran forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah terkait ketenagakerjaan itu membahas nasib tenaga kerja. Diantaranya, menyosialisasi UU tentang tenaga kerja, pemantauan pelaksanaan upah minimum, THR, pemantauan hubungan industrial baik outsourcing, hingga terbentuknya koperasi karyawan (Kopkar) perusahaan serta keikutsertaan Jamsostek.

Kepala Distransnaker Sultra, Saemu Alwi menyampaikan anggota LKS Tripartit terdiri dari unsur pemerintah, organisasi pengusaha dan serikat pekerja atau serikat buruh. Organisasi tersebut dibentuk mulai dari tingkat nasional sampai kabupaten dan kota dengan mengadakan sidang secara berkala minimal tiga bulan sekali. Nah, untuk kali pertama, LKS Tripartit menggelar rapat di salah satu hotel.

“LKS Tripartit provinsi dibentuk dan diangkat oleh gubernur. Tugas LKS Tripartit provinsi yakni memberikan pertimbangan, saran dan pendapat kepada gubemur dan pihak terkait. Utamanya dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan di Sultra,” ujar Saemu Alwi, Selasa (3/4/2018).

Rapat perdana LKS Tripartit Sultra menurut Saemu Alwi adalah untuk merumuskan pokok-pokok pikiran yang berkenan dengan permasalahan ketenagakerjaan di Sultra. “Sekaligus melahirkan rekomendasi kepada pimpinan (Gubernur) yang dirumuskan dalam kesepakatan bersama,” ungkapnya. LKS Tripartit sebagai wadah merumuskan saran tentang kebijakan dengan mengamati fenomena ketenagakerjaan. “Untuk mencapai kelangsungan usaha (industrial peace) dan mewujudkan ketenteraman dalam bekerja dan berusaha, peningkatan produksi dan produktivitas, peningkatan kesejahteraan tenaga kerja. Selain itu, membahas perkembangan usaha, perbaikan iklim investasi dan pengurangan pengangguran,” tutup Saemu Alwi. (myu/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top