Pariwara
Metro Kendari

Dimulai 3 April, Calon Haji Kota Kendari Bisa Lunasi BPIH

KENDARIPOS.CO.ID — Para calon jamaah haji di Kota Kendari yang nomor kursinya sudah masuk dalam porsi pemberangkatan tahun ini sudah bisa melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Kementerian Agama (Kemenag) sudah membuka pelunanasan biaya haji tahap pertama dimulai 3 hingga 20 April mendatang.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Marwijid mengatakan setiap jemaah calon haji harus mengantongi surat keterangan sehat dari tim medis yang bekerjasama dengan Kemenag saat melunasi BPIH. “Kita sudah buka pemeriksaan kesehatan mulai Selasa. Ini sudah pemeriksan tahap II. Tahap I sudah dilakukan Februari lalu,” ujar Marwijid, Selasa (3/4/2018).

Mantan Kepala KUA Kecamatan Puuwatu itu menambahkan semua jemaah sudah diinformasikan terkait jadwal-jadwal persiapan haji termasuk soal pemeriksaan dan pelunasan biaya haji. “Tahun ini nomor porsi semula 25085. Tapi ada tambahan empat orang jadi batas porsinya itu 25097, semuanya sudah tahu mekanisme dan tahapan pemberangkatan. Kita sampaikan sejak pengurusan paspor dan manasik-manasik di kecamatan,” papar Marwijid.

Kuota haji Kota Kendari tahun ini sebanyak 646 jemaah, lebih sedikit dari tahun lalu yang berjumlah 682. Tapi angka 646 itu masih mungkin bertambah. Karena ada porsi tambahan yang berlaku untuk lansia dan penggabungan keluarga. “Bukan ahli waris ya, kalau ahli waris itu kecuali calon jemaah yang sudah melunasi BPIH lalu meninggal dunia. Itu baru bisa diganti oleh keluarganya. Kalau belum melunasi maka ikut nomor porsi penggantinya,” ulas Marwijid.

Bagi mereka yang masuk dalam porsi lansia, penggabungan keluarga dan ahli waris masih bisa melunasi BPIH tahap II, biasanya dibuka Mei nanti. Sambil menunggu jadwal pemberangkatan, Marwijid meminta calon jemaah haji mengikuti semua prosedur yang ada. Paling penting adalah manasik dan kesehatan. Sebab, dari pengalaman sebelumnya banyak jamaah yang drop di tanah suci karena perbedaan suhu dan cuaca di Saudi Arabia dengan Indonesia. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top