Pariwara
Kolaka Utara

Data Simda Pemkab Belum Lengkap

KUNJUNGAN : Kepala BPKP Perwakilan Sultra, R. Ersi Soenarsih (ketiga dari kanan) saat melakukan kunjungan kerja di Kolut dan diterima Bupati, Nur Rahman Umar (ketiga dari kiri). Foto: Muhammad Rusli/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tata penginputan data pada sistem informasi manajemen daerah (Simda) oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) di Sulawesi Tenggara ( Sultra) disebut belum optimal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Tenggara ( Sultra), R. Ersi Soenarsih saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Selasa (3/4).

Menurut Ersi, penginputan perencanaan dari seluruh kabupaten tidak hanya sekadar data semata untuk guna melengkapi laporan. Sebab Simda perencanaan itu sendiri terbagi dua, yakni program lima tahunan dan tahunan. Pemerintah menyiapkan aplikasi tersebut untuk memudahkan sistem pelaporan dari daerah mulai dari proses perencanaan program hingga upaya pemantauannya.

“Pasalnya, terkadang yang sulit pada beberapa Pemkab menyangkut data itu sendiri baik dari RPJMD atau APBDa yang tidak lengkap dan bahkan ada juga yang diinput tak nyambung,” bebernya di hadapan Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf. Seniman Zega, Wakil Ketua DPRD, Surahman, Kapolres Kolut, AKBP Bambang Satriawan, Kajari, Andi Fahruddin serta Kepala Inspektorat Kolut, Alimus Marzuki.

Dengan adanya Simda, perencanaan itu membuat Pemkab dibantu dalam melakukan pengawasan. Sebab jangan sampai perencanaan yang diinput, lain dari sasaran di lapangan. “Misalnya untuk Kolut sebagai wilayah perkebunan kakao secara spesifik, maka hal yang perlu diusul berkaitan dengan jenis tanaman itu” ujarnya.

Meski demikian, sistem yang telah dipersiapkan pemerintah itu sudah baik. Namun jika pengendalinya (aparatur) belum cakap, maka sia-sia. Sehingga pihaknya mengharap kolaborasi dengan aparat penegak hukum dilakukan. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top