Pariwara
Edukasi

Siapkan Mental Siswa, Antam Gelar Outbound

Sukseskan UN: Siswa SMPS Pomalaa, Kabupaten Kolaka saat mengikuti outbond yang digelat PT Antam UBPN Sultra, senin (2/4). Foto: Zulfadli Nur/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — PT Antam Tbk Unit Bisnis Pengembangan Nikel (UBPN) Sultra memfasilitasi outbond untuk siswa kelas IX SMPS Pomalaa, Kabupaten Kolaka. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan mental siswa menghadapi Ujian Nasional (UN).

Community Social Responsibility (CSR) Manager PT Antam UBPN Sultra Muhammad Rusdan mengatakan, UN adalah proses yang harus dihadapi. Untuk itu, peserta didik diharapkan mampu memilih cara belajar yang efektif. Sementara guru diharapkan dapat memberikan stimulus, motivasi serta menjaga kondisi psikologi peserta didik.

“Dalam proses ini, biasanya terjadi penurunan kondisi psikologis pada peserta didik yang akan menghadapi UN. Ketakutan yang berlebihan akan skor minimal kelulusan UN biasanya yang menyebabkan hal ini terjadi. Makanya kami gelar outbond. Sebelumnya juga kami gelar pelatihan UN bagi siswa yang akan ujian,” tuturnya.

Lanjut Rusdan, kondisi psikologis peserta didik bermacam-macam dalam menghadapi Ujian Nasional. Hal tersebut disebabkan adanya dinamika psikis yang berbeda-beda dalam diri peserta didik seperti munculnya kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi ujian nasional.

“Tujuan Outbond secara umum untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri (mereka yang berkelainan) dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga tercipta rasa saling percaya antar sesama,” jelasnya.

Lebih jauh Rusdan menjelaskan, tujuan outbond training ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal diri dan orang lain, melatih ketahanan mental dan pengendalian diri, melahirkan semangat kompetisi yang sehat. “Outbond ini juga bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan, meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam situasi sulit secara cepat dan akurat, serta meningkatkan rasa kebutuhan akan pentingnya kerja tim untuk mencapai sasaran secara optimal,” bebernya. (fad/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top