Pariwara
Konawe Kepulauan

Rancangan Tata Ruang Wilayah Konkep Direvisi

KENDARIPOS.CO.ID — Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yang sudah ditetapkan akhir November 2017 lalu, belum sepenuhnya bisa diterapkan pemerintah setempat. Pasalnya, RTRW tersebut butuh perubahan agar bisa sinkron dengan RTRW provinsi dan pusat. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Abdul Halim, mengakui, jika RTRW yang ditanganinya itu direvisi untuk disesuikan dengan tata ruang provinsi dan pusat.

Menurutnya, ada dua hal yang membuat RTRW tersebut diperbaharui, agar bisa sinkron dengan RTRW provinsi. Mulai dari Peraturan Menteri (Permen) Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI nomor 18 tahun 2017 dan undang-undang nomor 27 tahun 2017 tentang pengelolaan tambang di pulau terpencil. “Jadi ada dua hal sehingga RTRW kabupaten diperbaharui. Contohnya, semua kawasan hutan di Wawonii sudah harus diidentifikasi dan harus masuk dalam peraturan daerah (Perda). Selain itu juga ada beberapa perbaikan penyelarasan dokumen,” kata Abdul Halim, saat dikonfirmasi, Senin (2/4).

Soal kawasan pertambangan, dirinya belum mengetahui pasti Pulau Wawonii masuk dalam zona tersebut. Alasannya, mengacu pada Permen Pertambangan Wawonii masuk dalam kawasan dan didukung dengan RTRW Provinsi. Tetapi disisi lain pulau terpencil, dibawa luas wilayah 2000 kilometer persegi tidak dibolehkan untuk ditambang. “Ini juga yang saya belum bisa pastikan, Pulau Wawonii masuk kawasan pertambangan atau tidak. Karena luas wilayah Pulau Wawonii sekitar 800 kilometer persegi. Dan jika mengacu pada undang-undang nomor 27, di Wawonii tidak bisa untuk ditambang,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini perwakilannya sudah berada di Jakarta untuk mengonsultasi soal perubahan RTRW tersebut. “Besok (hari ini) staf saya yang diutus akan melakukan konsultasi di kementerian,” tandas Abdul Halim. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top