Pariwara
Muna

Penyaluran Rastra di Muna Terhambat Data

Ilustrasi Beras

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) di Muna, tak berjalan mulus. Penyebabnya, data keluarga penerima manfaat (KPM) banyak masalah. Sejumlah desa menolak mendistribusikan beras karena banyaknya komplain dari masyarakat.  Kepala Bulog Muna, Sulamet, mengatakan, pihaknya menanggung biaya lebih akibat beras yang sudah terdistribusi harus ditarik kembali. “Kalau dibagi, tidak semua dapat. Banyak masyarakat yang tidak terdaftar KPM. Desa akhirnya memilih mengembalikan saja, menunggu perbaikan daftar nama,” terangnya, Senin (2/4).

Sulamet menambahkan, dirinya tak mengetahui persis kisruh data penerima. Sebab pendataan KPM bukan menjadi domain Bulog. Hanya saja, ia optimis penyaluran akan tuntas April ini. “Berasnya siap distribusi, hanya tunggu data penerima saja,” sambungnya. Hingga kini, dari 22 kecamatan penyaluran barus selesai pada 10 kecamatan, sedang lainnya masih tahap perbaikan data KPM.

Sulamet mengatakan, di Muna ada 124.520 KK yang terdaftar sebagai KPM dengan jumlah 124,5 ton. “Setiap KK dijatah 10 kilogram,” terangnya. Mulai tahun ini, masyarakat tidak lagi dibebankan biaya apapun alias gratis dalam pembagian Rastra. Hal itu sudah menjadi kebijakan terbaru dari pemerintah pusat. “Kalau ada pembayaran berarti pungutan liar itu,” tegasnya. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top