Pariwara
Politik

Pemasangan Alat Peraga di Konut Terkesan Semrawut

KENDARIPOS.CO.ID — Agar lebih tertib dan teratur, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Utara (Konut) telah menetapkan zona titik pasangan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sultra. Pengaturan titik pamasangan APK tertuang dalam keputusan KPU nomor 16/PL.03.4-KPT/prov/II/2018 tentang penetapan lokasi APK yang difasilitasi KPU Sultra. Sayangnya, pemasangan APK di Konut terkesan semrawut.

Ketua KPUD Konut, Marwati menuturkan pemasang APK alat peraga kampaye dibagi dalam tiga jenis. Yakni APK baliho, spanduk dan umbul-umbul. Pemasangan APK sendiri dilakukan langsung oleh tim LO paslon cagub dan cawagub. “Pemasangan APK dilakukan langsung oleh masing-masing tim pasangan calon yang sudah ditetapkan oleh KPU,” ujar Marwati saat ditemui, Senin (2/4/2018).

Untuk pemasangan APK Baliho dilakukan dienam kecamatan yakni Wiwirano, Oheo, Andowia, Lasolo, Laskep dan Sawa. Sedangkan pemasangan APK umbul-umbul terdapat di 11 kecamatan yang tersebar di Konut. Untuk spanduk di 13 kecamatan dan tersebar di setiap desa/kelurahan. Soal ketidakteraturan dalam pemasangan APK, Marwati enggan menanggapi terlalu jauh. Yang penting kata dia, pemasangan APK masih dalam zona yang sudah ditetapkan.

Ditempat yang sama, Komisioner KPUD Konut, Ilham menyesalkan sikap LO pasangan calon yang enggan menghadiri surat dari KPUD soal penempatan titik APK. “Harusnya teman-teman LO bisa memperhatikan hal-hal seperti itu (undangan). Karena keputusan KPU Sultra ini dilakukan demi keseragaman titik APK. Supaya enak juga dipandang mata, ada nilai seninya. Kalau sembrawut juga akan tidak enak dipandang mata,” ujar Ilham dengan nada kecewa.

Pemasangan APK paslon cagub dan cawagub di beberapa titik secara kasat mata memang tidak mencerminkan nilai estetika pemasangan yang dilakukan oleh masing-masing tim. “Ini juga kurangnya koordinasi yang dilakukan oleh tim paslon. Seperti penetapan DPS saja kita undang hanya satu LO yang hadir. Yang kita khawatirkan nantinya ada ketidak seragaman jumlah,”ujarnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top