Pariwara
Kolaka

Mengenal Muh Husain Affandi, Juara Hifzil Quran Internasional Asal Kolaka yang Bermimpi Kuliah di Mesir

Muh Husain Affandi (tengah) menerima penghargaan setelah berhasil menjadi juara 3 dalam ajang lomba hifzil quran 10 juz tingkat internasional yang diselenggarakan Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta, akhir Maret lalu. Atas prestasinya, dia berhak mendapatkan uang pembinaan dan gratis naik haji.

KENDARIP[OS.CO.ID — Nama Kabupaten Kolaka bergaung ditingkat nasional. Hal itu berkat prestasi yang ditorehkan Muhammad Husain Affandi. Santri muda ini berhasil menjadi juara dalam ajang lomba hafal quran (hifzil quran) tingkat internasional yang diselenggarakan Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta, akhir Maret lalu.

Zulfadli Nur, Kolaka

Tutur katanya sangat sopan. Dia hormat pada orang yang lebih tua dan sayang kepada teman sebaya dan yang lebih muda. Namanya Muhammad Husain Affandi atau biasa akrab disapa Pandi. Usianya baru 15 tahun, tapi prestasinya sungguh luar biasa. Anak ke dua dari pasangan Gomin dan Nurlaela Wati itu, baru saja dinobatkan sebagai Juara III lomba hifzil Qur’an 10 juz dalam event The Annual Prince Countries’ Sultan Competition on Memorization of Holy Quran and Hadeeth for ASEAN Pasific Countries’ yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta pada akhir Maret lalu. Lomba hafal quran tingkat internasional itu diikuti 17 negara dalam lingkup Asia-Pasifik.

Pandi aslinya anak pemalu. Dia saat ini menimba ilmu di Pondok Tahfiz Quran Al-Hudzaifiyyah, binaan Masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka. Tepatnya berada di Jalan Pemuda, Kelurahan Lamokato. Setiap hari, dia menghabiskan waktunya untuk menghafal Alquran. “Alhamdulillah, Allah memberi kesempatan untuk bisa berkompetisi di level internasional. Ada 17 negara yang ikut dalam lomba dan saya juara 3,” ungkap Pandi saat ditemui di pondok tempatnya belajar, kemarin.

Pandi bercerita, sebelum mengikuti lomba tingkat internasional, dirinya terlebih dahulu mengikuti lomba tingkat nasional. Di mana pada lomba tingkat nasional, diikuti lebih dari 30 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Kala itu, dirinya berhasil keluar sebagai juara dan berkesempatan mewakili Indonesia di ajang internasioanal. Yakni, turnamen Annual Prince Countries’ Sultan Competition on Memorization of Holy Quran and Hadeeth for ASEAN Pasific Countries’ yang digelar di Jakarta pada akhir Maret lalu. Pada event tersebut, dirinya kembali berhasil meraih juara III.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top