Pariwara
Metro Kendari

Lelang Proyek di BPBJ Sultra, Pemprov Efisiensi Anggaran Rp 11 Miliar

Rony Yakob Laute

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra sukses mengefisiensi anggaran hingga Rp 11 miliar di triwulan pertama tahun ini. Anggaran miliaran rupiah itu diperoleh dari hasil kegiatan lelang melalui sistem elektronik. Angka itu cukup besar, dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekira Rp 6 miliar.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Provinsi Sultra, Rony Yakob Laute mengatakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) telah mengumumkan sebanyak 170 paket dari 435 RUP yang ada. “Total pagu anggaran yang sudah terlelang itu sekira Rp.340 miliar lebih, kita saving dari situ sebanyak Rp 11 miliar. Ini akan bertambah terus karena masih banyak (paket proyek,red) yang belum di (teken) kontrak, ” ujar Rony Yakob Laute, Senin (2/4/2018).

Hingga kini masih ada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum memasukan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yakni Kesbngpol, Badan Litbang dan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). BPBJ Setda Sultra masih tunggu RUP tiga OPD itu. Rony Yakob Laute menyampaikan ada sejumlah perubahan dalam istilah-istilah pengadaan.

Disebutkannya, Perpres Nomor 54 Tahun 2010 diseluruh perubahannya tentang Pengadaan Barang dan Jasa, telah diganti dengan Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa dimana istilah lelang berubah menjadi tender. “Dalam aturan baru itu juga setiap setelah dilakukan tender maka seluruh KPA/PPK akan mengusulkan tender itu lewat mekanisme aplikasi elektronik koordinasi yang akan dijustifikasi melalui peraturan gubernur,” jelas mantan Pj.Bupati Muna Barat itu. Hal itu kata dia dilakukan untuk mendukung kebijakan industri cyber 4.0 (four point zero) dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai arahan presiden. “Insya Allah, Juli nanti Sultra menjadi pilot project melalui elektronik koordinasi cyber itu, ” tutup Rony Yakob Laute. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top