Pariwara
Konawe Selatan

Konsel Sukses Gelar Pilkades Serentak

PILKADES : Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (tengah) saat memantau suasana Pilkades pada salah satu wilayah. Semua berjalan tertib tanpa riak berarti. Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 125 wilayah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) berjalan aman dan sukses. Bahkan tingkat partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya cukup tinggi. Itu diketahui saat Bupati , H. Surunuddin Dangga dan Wabup, H. Arsalim Arifin serta Sekab, melakukan pemantauan langsung di lapangan.

Surunuddin mengatakan, dari hasil pengamatannya di beberapa desa yang menggelar Pilkades pada Minggu (1/4) lalu, semua berjalan sesuai harapan. “Karena berjalan dengan lancar dan tertib, konflik antar pendukung relatif terkendali begitupun partisipasi warga yang cukup tinggi. Itu tampak dengan padatnya warga yang ingin menyalurkan hak pilih pada setiap TPS yang kami kunjungi. Sehingga itu, patut kita berbangga dan bersyukur warga Konsel mampu memahami arti pesta demokrasi yang tidak mudah diterpa isu. Kami juga mengapresiasi kecakapan para calon yang mengusung kampanye sehat dan damai serta siap menang serta kalah, sehingga seluruhnya berjalan sukses,” tutur Bupati Konsel, H. Surunudin, diamini Wakilnya, H. Arsalim Arifin, Senin (2/4).

Selain itu, dari laporan penyelenggara dan dari hasil monitoring, kepala desa incumbent yang kembali bertarung mayoritas kembali terpilih.
“Ini berarti Kades tersebut benar-benar mampu mengemban amanah dan bisa menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik termasuk program kerjanya. Sehingga warga mempercayakannya kembali menjadi pemimpin. Ini bisa menjadi suri tauladan buat kita semua,” paparnya.

Ia berharap hasil pencoblosan bisa di terima seluruh pihak yang tidak sampai menghasilkan sengketa hingga ke pengadilan. “Semuanya bisa diselesaikan dengan baik ditingkat panitia penyelenggara maupun kabupaten sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sementara itu, Arsalim Arifin menjelaskan, ini adalah kali kedua Pemkab Konsel menggelar Pilkades serentak. “Tahun lalu, ada 85 desa dan 2018 ini desa. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Terima kasih kepada pihak keamanan baik dari kepolisian maupun TNI serta pihak terkait serta seluruh lapisan masyarakat Konsel,” timpalnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Konsel, AKBP Andi Hamka Mappaita menambahkan, pelaksanaan Pilkades serentak di Konsel berjalan dengan aman dan kondusif. “Tidak ada masalah signifikan, kami pastikan hingga selesai pemilihan berjalan aman dan tertib. Meskipun ada riak, ini sudah bagian dari pesta demokrasi, pasti ada yang terima dan tidak,” ujarnya, senin (2/4). (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top