Pariwara
Nasional

Kementan Tekan Harga Sembako Jelang Lebaran , Stok Ditambah 30 Persen

Amran Sulaiman

KENDARIPOS.CO.ID — Dua bulan jelang bulan puasa, upaya untuk mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok strategis mulai dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan meningkatkan jumlah stok dari total kebutuhan rutin. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pada bulan puasa nanti, permintaan kebutuhan pokok relatif meningkat. Untuk itu, pemerintah akan menambah jumlah stok sekitar 30-40 persen dari total kebutuhan. “Untuk mengantisipasi gejolak harga. Kita bekerja dari awal,” ujar Mentan, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Terkait kesiapan logistiknya, Amran memastikan tidak ada persoalan. Saat ini, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan berbagi asosiasi guna memenuhi kenaikan kebutuhan. “Asosiasi daging, ayam, telur, beras, seluruh pangan strategis dan kita sepakat, sudah bertandatangan menjaga harga tetap stabil,” imbuhnya.

Dia menambahkan, ada banyak kebutuhan yang bisa dipastikan kecukupannya melalui produksi dalam negeri pada puasa nanti. Seperti beras, ayam, telur, jagung. Bahkan, sebagian komoditas tersebut sudah bisa ekspor. Untuk kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi produsen lokal, pemerintah sudah menyiapkan opsi impor. “Misalnya untuk bawang putih impor sudah dipersiapkan dari sekarang,” tuturnya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) bagi empat kebutuhan pokok. Yakni beras, gula, minyak goreng, dan daging. Penetapan HET sudah dilakukan per 1 April. Dengan rincian, beras medium Rp 9.450 per kilogram (kg), minyak goreng Rp 11.000 per liter, daging sapi beku Rp 80.000 per kg, dan gula pasir Rp 12.500 per kg.

“Yang ada HET kita kontrol,” tambahnya. Untuk yang tidak ditetapkan HET-nya, pihaknya sudah mengumpulkan sejumlah stakeholder terkait untuk memastikan produksi, dan distribusi tidak terhalangi sehingga harga bisa stabil. Terkait impor, Enggar membenarkan Indonesia akan mengimpor bawang putih menghadapi puasa. Selain itu, komoditas yang akan diimpor adalah daging kerbau 100 ribu ton dari India. (far/oki/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top