Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Harga BBM Naik Picu Inflasi April 2018

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kontribusi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Pertamax Series sebesar 0,05 persen berefek terhadap inflasi Maret 2018 sebesar 0,20 persen. Efek dari kenaikan harga BBM itu disebut akan kembali terjadi pada inflasi April 2018. Pasalnya, BBM seperti Pertalite baru naik dalam satu pekan terakhir ini. Sehingga, dampaknya belum terlihat secara signifikan.

“Seperti saya bilang karena Pertalite naiknya tanggal 24 Maret, berarti ini baru 7 hari, berarti dampak ikutannya masih akan terjadi di April. Berapa besarnya saya tidak tahu,” ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Senin (2/4).

“Tetapi perlu dicatat bahwa seminggu terakhir sudah ter-cover, jadi kalau inflasi kan rata-rata harga selama satu bulan dibandingkan bulan sebelumnya, yang seminggu ter-cover, 3 minggunya belum,” tambahnya.

Selain itu, kenaikan harga komoditas seperti cabai merah, bawang putih dan bawang merah, serta cabai hijau juga perlu diantisipasi. Menurutnya, harga dari komponen tersebut masih akan terus fluktuatif mengingat kondisi cuaca juga masih tak menentu.

“Beras juga bisa di-handle karena panen raya itu pada bulan Maret dan masih akan panen besar di bulan April, sehingga saya berharap harga beras masih akan terkontrol dan akan turun lagi, lebih tajam lagi sesuai keinginan presiden sehingga pada bulan puasa nanti bisa terkendali. Tapi (kenaikan harga) Pertalite saja untuk administered price, yang lainnya oke kecuali bumbu-bumbu,” pungkasnya.(JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top