Pariwara
Politik

Baru Dua Laporan, Pelanggaran APK di Pilkada Konawe Minim

Indra Eka Putra

KENDARIPOS.CO.ID — Meski dikategorikan daerah rawan, pelanggaran alat peraga kampanye (APK) pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe relatif minim. Sejauh ini, hanya dua laporan yang masuk di meja panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Konawe. Hal ini menguatkan semua tim pemenangan pasangan calon (Paslon) masih komit menjaga pemilihan bupati (Pilbup) Konawe berjalan damai.

Komisioner Panwaslu Konawe, Indra Eka Putra mengungkapkan dua laporan pelanggaran APK yang masuk dari tim pasangan Muliati Saiman-Mansur dan tim H Irawan Laliasa- Adi Jaya Putra. Mereka melaporkan foto balihonya mereka dirusak. Yang berbeda, laporan Musim tidak menyertai siapa yang dilapor. Sementara paslon Berhijrah disebutkan oknum yang dilaporkan beserta barang buktinya.

“Laporan Tim Muliati Saiman-Mansur tidak ada terlapor, hanya barang bukti foto baliho rusak, tapi tetap kita selidiki, dan pengawasannya diperketat. Sedangkan laporan dari tim Berhijrah, ada orang yang dilaporkan, dan barang bukti sudah ada pada Panwas,” jelas Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Panwaslu Konawe saat dikonfirmasi, Senin (2/4).

Dari hasil pemeriksaan, bukti yang diserahkan belum memenuhi syarat supaya bisa dikatakan rusak. Pasalnya, baliho masih bisa terpakai. “Syarat melapor perusakan APK, adanya bukti APK yang rusak sampai tidak bisa digunakan, tapi setelah kita melihat, APK itu masih bisa terpakai, sehingga kami belum memutuskan,” terangnya.

Minimnya jumlah pelanggaran APK lanjut Indra, menandakan tim sukses para kandidat cukup kooperatif merespon himbauan penyelenggara. Ia berharap situasi ini terus dipertahankan. Kondisi ini juga menunjukan semua paslon telah memahami regulasi secara merata. Makanya, tingkat pelanggaran pilkada khususnya pemasangan APK bisa ditekan seminimal mungkin. “Ya, kami akan tetap memproses kalau Panwas ada temuan di lapangan. Tapi, sejauh ini sangat baik, karena semua tim cepat mengantisipasi rekomendasi atau peringatan dari penyelenggara dan Panwas,” pungkasnya.(b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top