Pariwara
Metro Kendari

Tenun Khas Sultra Warnai IFW Jakarta 2018

KENDARIPOS.CO.ID — Pamerkan keindahan Sulawesi Tenggara (Sultra), 4 disigner asal Sultra tampilkan tenun khas Sultra dalam ajang Indonesia Fhasion Week (IFW) 2018 di Jakarta, Minggu (1/4/2018). Tenun dari empat kabupaten menjadi pilihan masing-masing disigner untuk menunjukan keindahan Sultra. Empat tenun tersebut berasal dari Wakatobi, Muna, Buton dan Kota Baubau.

Salah satu disigner yang juga ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Juli Kaimoeddin mengaku bangga bisa kembali membawa nama Sultra dalam ajang IFW 2018. IFW kali ini, Juli mengungkapkan membawa tema pesona bintang. “Tema ini saya ambil karena membawakan tenun khas dari Kaledupa yakni tenun Pa’a. Pa’a sendiri itu artinya bintang,” tuturnya di Jakarta Convention Center (JCC), Kemaryoran.

Juli juga mengaku sangat bangga telah berhasil menunjukan, memperkenalkan budaya Sultra ke Nasional melalui ajang IFW 2018. Menurutnya, momentum tersebut adalah kesempatan paling tepat untuk memperkenalkan kekayaan budaya dari Sultra. “Ini bagian dari komitmen APPMI Sultra untuk terus menjaga dan melastarikan budaya Sultra. Salah satunya memperkenalkan tenun asal Sultra ke mata nasional atau internasional,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, selain dirinya tiga disigner asal Sultra yang ikut memperkenalkan tenun asal Sultra adalah Sao by Riza yang membawakan tenun khas Buton, Kemudian Amir yang membawakan tenun khas dari Kota Baubau dan Herman membawakan tenun khas Muna. “Kami berharap tahun depan kita bisa lebih matang lagi. Dan lebih di support lagi bukan hanya empat malah kalau bisa sampe 12 atau 17 kabupaten/kota kita bisa tambilkan semua. Kami juga berterima kasih kepada pihak Pemprov Sultra dan Pemkab Wakatobi yang telah menssuport kami sehingga acara bisa berlangsung hingga sekarang,” ungkapnya.

Usai pegelaran tenun Sultra ditampilkan, Juli juga mengungkapkan bahwa dirinya berharap dengan acara ini bisa menjadi support bagi para pengerajin tenun Sultra. “Ini momentum untuk memperkenalkan budaya Sultra. Namun ini juga menjadi momentum bagi para pengerajin untuk menjadikan tenun sebagai mata pencaharian atau pemerintah bisa memperhatikan secara maksimal industri tenun yang bisa dikembangkan di Sultra.Dengan bekerja sama saling sinkron antara disigner dan pengerajin,” harapnya.

Pj Gubernur Sultra, Tegus Setya Budi yang ikut hadir dalam acara tersebut mengaku takjub dengan kerja dan usaha para disigner asal Sultra. Mempersembahkan karya dengan mengangkat martabat dan budaya Sultra harus menjadi contoh bagi masyarakat. Menurutnya, acara seperti IFW tersebut sangat baik dan cukup bermanfaat untuk mempromosikan produk-produk ungulan Sultra, khususnya tenun khas Sultra. “Disamping itu, juga ajang seperti ini bisa menjadi tempat tempat untuk menumpahkan kreasi disagner asal Sultra,” tuturnya.

Melihat tenun Sultra tampil dalam ajang IFW, Teguh menyadri bahwa betapa tenun Sultra sangat bagus dan menawan. “Tenun Sultra yang kaya corak dan motif, bisa cocok dalam berbagai gaya busana. Dan itu bisa mendorong pengembangan dan pemakaian tenun Sultra untuk berbagai kalangan usia. Saya rasa ini patut untuk terus didukung pemerintah dalam pengembangan budaya dan tetu bisa meningkatkan industi ekonomi masyarakat khususnya bagi para pengerajin tenun di daerah,” terangnya.

Ia pun berahrap bisa disigner bisa mengembangkan potensi tenun Sultra yang juga bisa membawa kesejahteraan masyarakat dan para pengrajin. “Saya akan berusaha agar Pemprov bisa berperan dalam mengatasi berbagai kendala yg dihadapi mereka (pengerajin tenun dan disigner asal Sultra, red), baik dalam pengadaan bahan mentah, pelatihan-pelatihan maupun pemasaran. Saya akan minta perusahaan-perusahaan besar seperti misalnya perbankan untuk bisa ikut memberikan perhatian dengan CSRnya bisa membina UMKM yang bergerak di bidang tenun Sultra,” pungkasnya. (b/yog).

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top