Pariwara
Konawe Utara

Status Pelabuhan Molawe di Konut Tunggu Rekomendasi

Safrin, Sekretaris Komisi II DPRD Konut

KENDARIPOOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Utara (Konut) terus memperjuangkan status Pelabuhan Molawe dari wilayah kerja (Wilker) Syahbandar Langara menjadi unit penyelenggaraan pelabuhan (UPP). Namun upaya tersebut terhenti akibat terganjal rekomendasi MenPAN-RB, berkaitan dengan aparatur sipil negara (ASN).

Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin, menuturkan, persoalan teknis dan administrasi pelabuhan Molawe dari Kementerian Perhubungan telah dituntaskan. Hanya saja, kendala yang sementara dirampungkan menunggu rekomendasi MenPAN-RB, berkaitan dengan pegawai negeri yang nantinya akan bertugas di UPP Molawe itu. “Kalau tidak ada halangan, bulan Juni nanti status Pelabuhan Molawe akan naik menjadi UPP. Sekarang tinggal menunggu rekomendasi MenPAN- RB terkait dengan ASN-nya,” papar Safrin, Sabtu (31/3).

Ketua DPC Partai Golkar Konut itu menjelaskan, konsultasi yang dilakukan pihaknya beberapa hari lalu di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Laut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat dengar pendapat (RDP) antara Dishub Konut dan Syahbandar Molawe terkait progres peningkatan status pelabuhan.

“Kalau status pelabuhan Molawe menjadi UPP, dampaknya bagi masyarakat sangat besar. Jika sudah otonom, otomatis wilayah kerjanya mulai dari Morosi, Konawe sampai Morowali, Sulteng,” ungkap Safrin. Tidak hanya itu, jika status Pelabuhan Molawe jadi UPP, maka dengan sendirinya akan ada perluasan kawasan pelabuhan. Tentunya kualitas pelabuhan juga akan ditingkatkan. Kontrol terhadap pelabuhan yang ada di wilayah Konut akan terpusat. Dibandingkan masih bergabung dengan Syahbandar Langara. Makanya kita berupaya status Syahbandar Molawe naik,” yakin Safrin. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top