Pariwara
Wakatobi

Sarana Belum Memadai, Transaksi Nontunai di Wakatobi Belum Maksimal

Ilustrasi non tunai

KENDARIPOS.CO.ID — Sesuai surat edaran (SE) Kemendagri sejak tanggal 1 Januari 2018, transaksi nontunai sudah diberlakukan. Kabupaten Wakatobi pun telah memberlakukan sistem tersebut. Namun, infrastruktur yang belum memadai sehingga belum semua transaksi nontunai bisa dilaksanakan. Sebagai daerah yang infrastrukturnya belum memadai, pemberlakuan transaksi nontunai hanya sebagian jenis belanja saja.

Meski begitu, aplikasi ini telah direalisasikan jauh sebelum adanya SE tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Wakatobi, Nur Bahtiar, mengaku, sebagian besar belanja yang dilakukan sejak dulu sudah nontunai. Namun, sejak adanya SE tersebut yang diwajibkan untuk melakukan transaksi ini hanya honor dan belanja perjalanan dinas. Sehingga pemberlakuan transaksi nontunai masih dibatasi untuk beberapa item saja.

“Tapi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ingin memberlakukan transaksi nontunai untuk belanja barang dan jasa dibolehkan dan bahkan lebih baik lagi. Namun, karena keterbatasan sarana jadi baru ada beberapa yang diwajibkan,” ungkapnya, kemarin. Sekretaris BPKAD ini menambahkan bagi OPD yang ingin belanja alat tulis kantor (ATK), makan minum hingga bekerja sama dengan pihak toko, sah-sah saja dilakukan cara transaksi nontunai. “Malah itu lebih bagus lagi,” paparnya.

Sementara lanjut dia, untuk gaji, belanja modal atau belanja pihak ketiga yang sifatnya kontraktual sudah dilaksanakan sejak lama. “Karena transaksi nontunai itu bukan hanya kita masuk pada aplikasi itu tapi kategorinya harus pindah buku dari kas daerah ke rekening pihak ketiga secara langsung oleh bank. Dan untuk beberapa item Wakatobi sudah lakukan transaksi non tunai sejak dulu,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top