Pariwara
Buton

Rp 1 M Bangun Spot Wisata di Wabula

DESTINASI WISATA : Plt. Bupati Buton, La Bakry (kedua dari kiri) saat meninjau lokasi wisata Pantai Topa di Kecamatan Wabula, selasa (27/3). Tahun ini, destinasi itu akan ditata. Foto: Wa Ode Amala/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran sebesar Rp 1 miliar disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton untuk membangun spot wisata di kawasan Pantai Topa, Kecamatan Wabula. Rencananya, spot wisata itu akan dikerjakan tahun ini. Pembangunan gazebo merupakan salah satu item yang akan dikerjakan. “Sebenarnya sudah lama kita gagas pembangunan pariwisata ini, namun masih harus mengurus pembebasan lahannya dulu,” ujar Plt. Bupati Buton La Bakry, selasa (27/3).

Setelah pengurusan pembebasan lahan selesai, maka tahap awal akan dibangun gazebo sepanjang pantai untuk menarik wisatawan. Apalagi pantai tersebut dekat dengan Kabupaten Wakatobi yang sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata di Indonesia. “Gazebo kita bangun pada sepanjang bibir pantai untuk menarik wisatawan. Apa lagi jarak dari Wakatobi hanya butuh waktu dua jam untuk sampai ke Buton” ungkap La Bakry.

Penataan spot wisata tersebut bukan hanya untuk wisatawan asing, melainkan juga bagi warga lokal yang ingin liburan. Plt Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setkab Buton, Manafu, menjelaskan, sekitar empat hektare lahan Pantai Topa Wabula akan dibebaskan dalam bentuk hibah. Pemerintah hanya membayar ganti rugi tanaman. “Sekitar 400 tanaman kelapa yang akan dibayar. Mengenai anggarannya untuk ganti rugi tergantung hasil rapat dari masyarakat dan perangkat desa,” jelasnya.

Setelah pengurusan pembebasan lahan selesai dan dibebaskan, maka pemerintah daerah sudah bisa membangun fasilitas umum guna menunjang kebutuhan wisatawan tersebut. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top