Pariwara
Buton Tengah

Keunikan Danau Lakakoloto di Kecamatan Gu Buteng, Kalau Purnama, Airnya Pasang Surut

Suasana saat peresmian danau air tawar Lakakoloto

KENDARIPOS.CO.ID — Danau air tawar bukan hal asing bagi semua orang. Namun akan menjadi cerita berbeda, jika danau tersebut mengalami pasang surut saat bulan purnama, layaknya air laut. Itulah keunikan danau air tawar Lakakoloto yang terletak di Desa Rahia, Kecamatan Gu, Buton Tengah (Buteng).

Muhammad Yusuf, Labungkari

Danau Lakakoloto tampak ramai, kemarin (27/3). Menariknya, Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin beserta sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga hadir. Pasangan La Ntau ini memimpin langsung peresmian danau yang terlerak di Desa Rahia tersebut.
Danau Lakakoloto memang menjadi idola baru pecinta wisata di daerah pecahan Kabupaten Buton tersebut. Bukan saja karena keindahan dan kesejukan airnya, tapi juga karena keunikan yang menyertainya. Salah satunya, saat purnama, airnya mengalami pasang surut layaknya air laut. Hanya bedanya, “sifat” pasang surutnya bertolak belakang.

Maksudnya adalah kalau air laut pasang, maka Dana Lakakoloto akan surut, begitu pula sebaliknya. Kondisi inilah yang membuat masyarakat tertarik, sehingga sering mengunjunginya. Melihat potensinya, pemkab Buteng juga langsung bergerak cepat, menjadikan lokasi tersebut sebagai destinasi wisata baru. “Danau Lakakoloto sangat menarik. Makanya, pemerintah desa harus berikan perhatian khusus. Desa lain juga, saya minta perhatikan potensi daerahnya dan kembangkan,” pesan Samahuddin saat meresmikan danau tersebut sebagai lokasi wisata.

Sebagai gambaran, danau Lakakoloto terletak di antara tebing tinggi. Dari pintu masuk sisi kanan ada tebing setinggi kurang lebih 15 meter, sementara sisi kiri bahkan lebih tinggi lagi, yakni mencapai 80 meter. Danau seluas 100 meter x 50 meter itu memiliki tiga area permandian dengan ukuran berbeda. Pertama, permandian ukuran 30 x 15 meter yang biasa digunakan orang dewasa atau yang sudah mahir berenang. Kedua, ukuran yang 15×5 meter yang digunakan oleh anak-anak dan terakhir ukuran 3×3 meter. Pemerintah desa menyediakan empat buah gazebo dengan satu toilet.

1 of 3

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top