Pariwara
Muna

Puncak Mongkeluno, Jejak Peradaban Leluhur di Loghiya Muna, Dulu Pusat Kota Kini Jadi Spot Wisata

Saban sore, banyak warga Loghiya mengunjungi
Puncak Mongkeluno. Dulunya, tempat ini menjadi pusat kota Muna. Namun karena muncul penjajah Belanda, sehingga dipindahkan. Kini, dibawah kendali Rusman Emba, daerah itu kembali dibuka dari keterisolasian dan malah menjadi spot wisata baru.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna, Rusman Emba telah merintis “peradaban” di pesisir Muna. Sebuah akses jalan dibuka di kawasan pesisir Lasunapa hingga ujung Desa Loghiya. Bagi Rusman, ini adalah peradaban baru. Bagi masyarakat Loghiya, jalan itu menghubungkan kembali jejak peradaban leluhur pada sebuah kampung bernama Mongkeluno.

La Ode Alfin, Muna

Raungan kuda besi terus terdengar dari pesisir Desa Loghiya. Satu per satu pohon direbahkan dan bebatuan cadas di bukit Mongkeluno diterabas alat berat itu. Eksavator terus menggedor bukit, membongkar bebatuan agar bisa dilalui. Berbulan-bulan dikerjakan, punggung-punggung bukit yang perkasa akhirnya takluk juga oleh hantaman alat modern. Sebuah lintasan kini terlihat bisa dilewati meski belum sempurna.

Pekerjaan itu adalah proyek pembukaan jalan baru di pesisir yang membentang dari Kecamatan Duruka hingga ujung Kecamatan Lohia. Panjangnya tujuh kilo meter lebih, menghubungkan Desa Ghonebalano, Lasunapa dan Loghiya (dulu Desa Wabintingi). Sebuah peradaban baru sepertinya tengah dirintis pemimpin Bumi Sowite. Meski belum sepenuhnya tuntas, namun berkahnya mulai dirasakan sebagian masyarakat.

Masyarakat di Desa Loghiya saat ini sangat bersyukur pemerintah membuka jalan di pesisir desanya. Mereka kini bisa bernostalgia ke kampung leluhurnya, di kawasan Mongkeluno. Sebuah perkampungan lama yang sempat ditinggalkan. LM Idar, tokoh sejarah Kabupaten Muna asal Desa Loghiya menuturkan, jalan baru yang dibuka Pemkab Muna bukan saja sebuah peradaban baru yang hendak dirintis.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top