Pariwara
Buton Selatan

Listrik Desa Batuatas di Busel Segera Direalisasikan

DPRD BUSEL FOR KENDARI POS. LISTRIK : Anggota DPRD Busel bersama manamejem PT PLN Wilayah Sulselrabar saat bertemu di Makassar, Sulawesi Selatan, akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pihak PT. PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) untuk merealisasikan pelayanan penerangan listrik bagi warga Batuatas di Kabupaten Buton Selatan (busel) pada tahun 2018 ini, menjadi prioritas. Janji tersebut diungkapkan langsung Manager Bidang teknik PLN Wilayah Sulselrabar, Andi Imran Kasim saat menerima kunjungan konsultasi anggota DPRD Busel yang dipimpin Wakil Ketua, Aliadi, akhir pekan lalu. Menurut Imran, Pulau Batuatas yang masuk wilayah terluar dan terpencil di Busel itu, tetap akan menjadi prioritas 2018 ini. Di wilayah tersebut, memang sebagian sudah dialiri listrik namun masih menggunakan pembangkit tenaga surya yang diadakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Desa yang belum dialiri listrik sama sekali di Kecamatan Batuatas itu dalah Wacuala dan Batuatas Liwu,” ungkap Aliadi. Listrik yang ada tersebut dibangun Kementerian ESDM, hanya sebagian sudah rusak. Karena itu, Aliadi yang juga putra asal Batuatas itu mendesak pihak PLN segera membangun infrastruktur pembangkit listrik di wilayah tersebut. “Ini penting sehingga Batuatas bisa juga menikmati tenaga listrik, seperti desa atau kecamatan lain di Busel, Sultra dan se-Indonesia,” jelas Aliadi didampingi Anggotanya, La Witiri.

Sementara itu, pihak PLN menargetkan, pada tahun 2018 ini adan 285 desa di Sultra yang akan teraliri listrik. Di Busel sendiri ada alokasi untuk 70 desa. Soal mesin pembangkit yang akan digunakan masih dirumuskan, apakah PLTS atau diesel. Namun yang menjadi kendala saat ini adalah angkutan bahan bakar minyak. “Untuk itu, butuh bantuan dan kerja sama dengan Pemkab dalam mengatasi angkutan BBM ini,” sambung Imran didampingi Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Sulselrabar, Sudirman.

Soal permintaan masyarakat Kecamatan Siompu, Siompu Barat serta Kadatua agar listrik pada tiga daerah itu tetap menyala pada siang hari, Imran lagi-lagi beralasan, semua terkendala pada pasokan bahan bakar minyak yang belum memadai. “Insya Allah akan menjadi prioritas dan dicari solusi terbaik,” sambungnya. Ia berjanji akan segera menyurati pihak PLN Area Baubau agar mencari solusi mengatasi kendala pasokan suplai BBM untuk kebutuhan listrik di Busel itu.

Wakil Ketua DPRD Busel, Aliadi, kembali menegaskan, masyakarat Batuatas yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan, sangat membutuhkan listrik untuk pembekuan es bagi ikan hasil tangkapan mereka. (b/mel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top