Pariwara
Muna

Bupati Muna Target Laino Tuntas Tahun Ini

LAODE ALFIN/ KENDARI POS
BELUM TUNTAS : Bangunan Pasar Modern Laino yang tak kunjung difungsikan hingga kini. Bupati Muna, LM. Rusman Emba berkomitmen menuntaskan infrastruktur sentra niaga tersebut, tahun ini juga.

KENDARIPOS.CO.ID — Tak bisa dipungkiri, pusat ekonomi masyarakat bertumpu pada pasar sebagai tempat jual beli. Pasar yang memadai akan mampu menopang aktifitas perdagangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kabupaten Muna menjadi daerah dengan kondisi pasar yang sangat memprihatinkan. Pasar Sentral Laino justru menyimpan banyak masalah, seiring dengan usianya yang makin tua. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muna, Sukarman, bahkan menyebut, Laino yang dibangun sejak puluhan tahun lalu itu merupakan pasar kabupaten terburuk di Sultra.

Mulai dari kekumuhannya, penataan pedagang yang amburadul hingga capaian retribusi di bawah harapan. “Laino paling miris di Sultra,” ujar Sukaman, akhir pekan lalu. Kondisi Pasar Laino memang tidak memadai. Mulai dari buruknya akses jalan, sampah berserakan hingga genangan air saat hujan mengguyur. Pedagang pun membuka lapak secara sporadis. “PAD yang dihasilkan hanya Rp 350 juta. Sedikit sekali. Jumlah itu karena pedagang tidak menjual di lods, tetapi buka lapak sembarang tempat. Akhirnya retribusinya susah,” sambungnya.

Kondisi itu, diakui Sukarman memicu ketidaknyamanan masyarakat. Bahkan menjadi citra buruk bagi daerah. Upaya penataan pasar itu sebenarnya sudah dilakukan sejak era Bupati Muna, LM Baharuddin. Hanya saja, hingga tahun kedua Rusman Emba menjabat, bangunan pasar modern tidak kunjung berfungsi. “Lodsnya masih kurang, hanya ada 800. Sementara jumlah pedagang mencapai 1.200 orang,” jelasnya. Sukarman mengaku, Pemkab masih akan menambah bangunan pasar untuk melengkapi jumlah lods. Dananya pun akan diperoleh melalui pinjaman daerah ke Bank Sultra. “Butuh Rp 30 miliar lagi,” paparnya.

Kondisi Laino memang diakui Bupati Muna, LM. Rusman Emba menjadi fokus pemerintahannya tahun ini. Ia bahkan bertekad menuntaskan pembangunan Pasar Modern Laino di 2018 ini. “Secepatnya diselesaikan, pasar itu kan untuk ekonomi masyarakat,” imbuhnya. (b/ode)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top