Pariwara
Muna Barat

Banyak Bantuan Segera Diterima Nelayan Mubar

H. La Jono

KENDARIPOS.CO.ID — Kucuran anggaran dan bantuan dari pemerintah pusat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Muna Barat (Mubar) tahun 2018 ini akan dinikmati para nelayan. Bantuan tersebut akan diberikan pada seluruh warga pesisir di beberapa kecamatan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mubar, H. La Jono, merinci, bantuan yang akan diturunkan bagi masyarakat nelayan tersebut diantaranya untuk bidang pengembangan perikanan seperti pengadaan mesin pompa tambak, penyediaan saranan tambak percontohan, pengadaan KJT ikan laut, bibit ikan air tawar dan kerapu, serta pembangunan kolam air tawar.

“Bantuan ini sebagai tindak lanjut dari pengadaan tahun lalu. Bagi mereka yang belum diberikan bantuan seperti mesin pompa tambak, akan mendapatkannya tahun ini. Jumlahnya saya belum bisa tentukan,” kata La Jono, minggu (25/3). Menurutnya, pada bidang pengembangan perikanan, DKP juga akan mengadakan perahu dan alat bantu penangkapan. Kemudian, pengadaan bubu rajungan, serta pengadaan sero, bagang apung, jaring, mesin kapal untuk nelayan, mesin ketinting dan jaring gae.

“Ada juga bantuan dari bidang PDSKP yaitu pengadaan sarpras mini plant rajungan, serta instalasi listrik pendukung ice flake. Lalu untuk bidang program kawasan, ada pembangunan saluran tambak, serta pembangunan UPR,” ungkapnya. Ia mengaku, pembelian barang-barang tersebut bersumber dari APBD dan dana alokasi khusus (DAK) sekitar kurang lebih Rp 3 miliar. Khusus APBN belum diketahui. “Sebenarnya tahun ini APBN untuk pembangunan mini plant atau pengolahan daging rajungan. Tetapi belum diberikan. Kita baru diberi tanda. Amdalnya sudah ada dan tinggal proses pekerjaan. Lokasinya di Pulau Bero, Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Utara,” jelasnya.

Untuk 2017 lalu kata dia, sudah banyak bantuan yang disalurkan pada para nelayan diantaranya alat tangkap jaring, bubu kepiting, dan sero. Selain itu ada pemberian bantuan armada berupa mesin ketinting sebanyak 20 unit. “Semua bantuan 2017 sudah disalurkan kepada para nelayan. Alhamdulillah sudah dimanfaatkan. Bagi mereka yang belum dapat tahun lalu, akan diberikan 2018 ini. Penerimaan bantuan ini dalam bentuk kelompok. Fasilitas penangkapan ikan bagi para nelayan kita sangat bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” pungkasnya. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top