Pariwara
Konawe

Tahun Ini Tiga Puskesmas di Konawe Terakreditasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kini, sudah ada lima Puskesmas di Kabupaten Konawe telah terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sebelumnya, dua Puskesmas yakni Unaaha akreditasi dasar dan Abuki akreditasi madya telah tervalidasi awal 2017 lalu. Kini menyusul tiga Puskesmas lagi yang pelayanannya telah diakui pemerintah pusat. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Muh. Aris, mengungkapkan, pada akhir tahun lalu, ada tiga Puskesmas yang kedatangan tamu dari pusat untuk akreditasi, dan hasilnya tahun ini Puskesmas Onembute dan Pondidaha mendapat akreditasi madya. Sementara Puskesmas Wawotobi, akreditas dasar. “Kita bersyukur, dalam dua tahun sudah lima Puskesmas kita akreditasi,” ujarnya, Jumat (23/3).

Untuk tahun 2018 ini, akan ada lima Puskesmas lagi yang harus mempersiapkan diri untuk diakreditasi yakni Puskesmas Tawanga, Sampara, Amonggedo, Wonggeduku, dan Kapoiala. “Kita harapkan, kelima Puskesmas ini bisa menunjukan pelayanan terbaiknya dan memperoleh akreditasi madya,” harap Aris. Dijelaskannya, Puskesmas harus memiliki standar pelayanan yang berkualitas demi kenyamanan masyarakat. Nah, kualitas Puskesmas dapat terlihat setelah diakreditasi. Untuk itu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

“Misalnya standar pelayanan yang baik, gedung, kelengkapan obat-obatan, cara berkomunikasi dengan pasien, hingga ruang rawat inap. Semua ini sangat penting dan harus terpenuhi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di daerah,” terangnya. Aris menambahkan, program pemerintah agar setiap tahun ada Puskesmas yang diakreditasi. Makanya, pusat kesehatan masyarakat tersebut harus terus berbenah dan meningkatkan pelayanan diberbagai sektor, termasuk fasilitas, dan sarana prasarana penunjang. “Kita targetkan pada 2019, atau awal 2020 semua Puskesmas di Konawe sudah terakreditasi,” pungkasnya. (c/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top