Pariwara
Muna Barat

Genjot Pembangunan, Bupati Mubar: Infrastruktur Tertata, Perekonomian Meningkat

LM Rajiun Tumada

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada terus mencari terobosan program supaya otoritanya lebih maju lagi. Sejak definitif memimpin daerah otonomi baru (DOB) pecahan Kabupaten Muna itu, sudah banyak pembangunan yang dilakukan. Baik dari aspek infrastruktur, maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

Kendati Mubar berkembang pesat disegala aspek , namun mantan Kasat Pol PP Sultra ini merasa masih perlu sentuhan pembangunan infrastruktur. Makanya, tahun ini, salah satu program prioritas adalah pengembangan wilayah perkantoran hingga peningkatan kualitas jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya. Semua rencana pembangunan (master plan) itu dibeberkan Rajiun saat menyambut kunjungan silaturahmi Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran di Pemkab Mubar, Jumat (23/3/2018). Tak hanya sekadar menjelaskan secara teori, namun dia juga menunjukkan secara langsung master plan pembangunan Mubar dalam jangka panjang.

“Untuk jalan, akan kami kerjakan kembali. Soalnya, kondisinya terlalu rendah sehingga air mudah tergenang. Sekaligus juga akan dibuatkan drainase agar jalan tidak jadi kubangan. Dulu, jalur menuju perkantoran ini berlumpur, namun kini sudah teraspal, lengkap dengan lampu jalannya,” beber Rajiun.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan tentang rencana pembangunan kawasan perkantoran melalui maket (master plan). Mulai dari akses jalan hingga tata letak perkantoran. “Semuanya sudah kita rencanakan, tinggal pelaksanaan saja,” ujarnya. Lebih jauh dia menjelaskan, kalau infrastruktur sudah merata dan tertata dengan baik, maka ekonomi masyarakat bisa meningkat. “Ketersediaan infrastruktur sangat berkorelasi dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Misalnya soal jalan dan jembatan, kalau aksesnya bagus, maka mobilisasi masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi semakin cepat,” terangnya.

Rajiun sangat menyadari, semua perencanaan tersebut bisa terwujud kalau ada kerja sama semua elemen, termasuk dukungan media. Tanpa ada sinergi yang baik dalam membangun daerah, maka sulit maju lebih cepat. “Makanya, saya selalu tekankan kepada seluruh pimpinan SKPD agar membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat,” katanya.

Termasuk juga media, lanjut dia, perannya sangat vital dalam mendukung pembangunan daerah. Tanpa media, keberhasilan pembangunan yang dilakukan hanya berakhir di atas meja sebagai laporan saja. “Olehnya, kami sangat membutuhkan peran media, utamanya Kendari Pos,” harapnya. Bukan hanya itu, media juga bisa menjadi kontrol sosial. Bisa mengingatkan Pemkab, terkait program yang sudah dicanangkan supaya ditepati dan direalisasikan. “Media bisa menjadi kontrol yang baik, supaya kita bekerja maksimal demi kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin menilai Mubar sudah mengalami perkembangan yang pesat, khususnya dari aspek pembangunan. Kata dia, untuk ukuran DOB, kemajuan pembangunan infrastrukturnya sangat luar biasa. Namun, Irwan sepakat bahwa kemajuan seperti itu hanya akan diketahui segelintir orang kalau tidak disebarluaskan lewat media.

“Kendari Pos selalu membuka diri. Lagi pula pola pemberitaan sekarang sudah berubah dan lebih menonjolkan hal-hal yang sifatnya prestasi. Sebab, kami menyadari memberitakan keberhasilan pemda juga menjadi bagian dari kontrol sosial. Supaya menjadi motivasi dan bisa dicontoh daerah lain,” kata Irwan yang pada kesempatan itu didampingi Direktur La Ode Diada Nebansi, Biro Direksi Sawaluddin Lakawa, Manajer Iklan Awal Nurjadin. Sedangkan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada didampingi wakil bupati Achmad Lamani dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Mubar. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top