Pariwara
Konawe

Pemkab Konawe Belum Bayar Gaji Guru Honorer 2017

Jumrin Pagala

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga kini, upah guru honorer daerah di Kabupaten Konawe untuk semester kedua yang seharusnya cair Desember 2017 lalu, belum juga dibayarkan. Kondisi tersebut mendapat perhatian dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk membantu memfasilitasi dengan pengelola keuangan terkait keterlambatan itu. Pasalnya, honor para guru tersebut dibebankan melalui APBD, dan keterlambatan pembayaran sangat dipengaruhi oleh keadaan keuangan daerah.

Kepala Dikbud Konawe, Jumrin Pagala, mengakui adanya keterlambatan pencairan honor daerah. Tapi ia berjanji, upah mereka tetap akan dibayarkan. Namun, kapan cairnya, itu tergantung dari kondisi kas yang dikelola Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). “Ya, itu urusan keuangan, tapi nantinya tetap akan dibayarkan,” argumennya, Rabu (21/3). Pihaknya akan segera membangun komunikasi dengan pengelola keuangan, terkait pembayaran honor yang masih tersisa.

“Kita akan berkonsultasi dengan pihak keuangan, bagaimana menyelesaikan kendala pembayaran honor guru yang masih tersisa tahun lalu. Ya, keadaan kas daerah memang sedang tidak stabil, karena sebelumnya PAD kita tidak mencapai target, makanya kuota guru honor daerah juga tidak ada tambahan,” jelasnya. Untuk diketahui, guru honorer belum menerima upah untuk semester kedua 2017 lalu, sejak Juli hingga Desember. Sedangkan pada semester pertama, mereka telah terima pada Juni lalu, dengan total honor yang diterima, akumulasi dari Januari sampai Juni lalu, masing-masing Rp 4,5 juta.

Pada 2017 lalu, Pemkab Konawe melalui Dikbud melakukan penerimaan 750 guru honorer daerah. Mereka mendapatkan upah Rp 750 ribu setiap bulan yang bersumber dari APBD Konawe. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top